10 Penyebab Hati Mati

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, yuk waspadai penyebab hati mati berikut ini! Bukan sekadar melakukan dosa dan maksiat saja lho yang bikin hati mati, bahkan melakukan hal baik dan berupa amal ibadah/ amal shalih pun bisa membuat hati mati. Kok gitu sih? Coba simak penjelasan selengkapnya biar nggak salah paham:

Dalam buku Nashiah Ibad karya Imam Nawawi Al-Bantani disebutkan bahwa ada 10 faktor yang menyebabkan hati menjadi mati menurut Ibrahim bin Adham adalah:

  1. Kalian suka membaca kitab Allah, tetapi tidak mau mengamalkannya. Coba kita cek diri kita, apakah masih sekadar baca qur'an di bibir saja atau sudah mempraktikkan ajarannya?
  2. Kalian mengetahui iblis itu musuh, tetapi tetap mengikuti perintahnya. Iblis menggoda dengan harta, tahta, wanita, kita terperangkap pada godaan iblis ini dan memakan umpannya.
  3. Kalian menyatakan cinta kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, tetapi meninggalkan sunnahnya. Padahal sunah Rasulullah tidak semuanya sulit, bahkan banyak yang amat sederhana Sob, misal tersenyum ketika bertemu saudara, menyingkirkan kesulitan orang lain, tapi sudahkah kita lakukan?
  4. Kalian menyatakan cinta syurga, tetapi tidak mau mengamalkan amalan ahli syurga
  5. Kalian mengakui takut siksa neraka, tetapi tetap saja berbuat dosa
  6. Kalian meyakini bahwa kematian itu haq, tetapi tidak pernah menyiapkan bekal untuk menghadapinya
  7. Kalian meyakini bahwa kematian itu haq, tetapi tidak pernah menyiapkan bekal untuk menghadapinya
  8. Kalian selalu memperhatikan aib orang lain, tetapi tidak mau memperhatikan aib sendiri
  9. Kalian senang makan rizki Allah, tetapi tidak pernah bersyukur kepada-Nya
  10. Kalian sering mengubur orang mati. Tetapi tidak mau mengambil pelajaran darinya
Astaghfirullah, semoga kita nggak menjadi orang-orang yang tertipu ya Sob, kelihatannya biasa melakukan kebaikan, tapi ternyata tidak meresap ke hati, ternyata belum membuat kita takut dan tunduk pada Allah dengan sebenar-benarnya, itulah sebabnya hati kita bisa mati lambat laun. Na'udzubillah min dzalik.
 
Foto ilustrasi : Google 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...