4 Keburukan Pernikahan Mewah yang Kamu Perlu Tahu

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, pengen pesta nikahmu kayak gimana nantinya? Awas lho, semakin banyak orang yang bermewah-mewah dalam membuat pesta pernikahan, ada yang kayak kisah Disney, Cinderella, ada yang habis sampai puluhan Milyar, padahal bisa jadi ada banyak keburukan dalam pesta pernikahan yang digelar secara mewah Sob.

Tanpa perlu bersu'udzon pada pernikahan mewah yang banyak dilakukan oleh sebritis kita, berikut ini beberapa di antara keburukan pernikahan mewah yang perlu kamu tahu:

1. Masuk kategori berlebihan/ boros

Memang sih kamu atau calonmu orang yang mampu secara finansial, tapi hati-hati... menghabiskan ratusan juta hingga milyaran Rupiah untuk beberapa jam acara saja bisa masuk kategori berlebihan lho. Dalam banyak ayat dan hadits, dijelaskan bahwa Allah membenci hal yang berlebih-lebihan:

“…dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al-An’am/6: 141).

"Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya. (QS Al-Israa’/ 17: 26, 27).

Dari Abu Hurairah dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah menyukai bagimu tiga perkara dan membenci tiga perkara; Dia menyukai kalian bila kalian beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, kalian berpegang teguh dengan agama-Nya dan tidak berpecah belah. Dan Allah membenci kalian dari mengatakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya (qiila wa qaala), banyak bertanya dan menyia-nyiakan harta.” (HR Muslim 3236)

2. Menginspirasi orang lain untuk bermewah-mewahan pula

Okelah kalau kamu nggak ngerasa itu berlebihan, apalagi kalau banyak sponsornya. Sadarilah bahwa akan ada banyak orang yang terinspirasi untuk mengadakan pesta serupa.

"Gue pengen nikahnya kayak si fulanah, bajunya bagus, kuenya bagus, dekorasinya keren... gue gak mau tahu lo ngutang apa gimana, pokoknya gue mau pesta yang mewah!"

Namanya masyarakat kita, budaya latah dan ikut-ikutan masih sering dilakukan. Begitu ada pesta pernikahan mewah, langsung deh semua ikut-ikutan tanpa mengukur diri mampu atau tidak. Secara langsung maupun tidak langsung, kamu ikutan menginspirasi hal ini kan jadinya.

3. Menjadi jamuan pesta terburuk karena tidak mengikutsertakan orang miskin 

Jangan sampai pesta pernikahanmu yang mewah malah gak berkah karena lupa undang kaum fakir ke dalamnya. 

“Seburuk-buruk makanan adalah makanan walimah, hanya orang-orang kaya yang diundang kepadanya, sedangkan kaum fakir dibiarkan (tidak diundang)." (HR. Al Bukhari, no.5177)

4. Membuat lupa esensi pernikahan

Karena sibuk siapkan pesta pernikahan yang mewah, jangan-jangan malah lupa pada esensi pernikahan yang sebenarnya. Di mana bersatunya dua insan dalam pernikahan justru sebagai sarana mendekat pada Allah dan menggapai keridhoanNya. Jangan sampai deh yaa... lebih mentingin kulit daripada isinya.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...