5 Kebiasaan yang Sering Diabaikan Pengendara Motor

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, motor adalah salah satu moda transportasi yang sering atau banyak dipilih oleh masyarakat kita untuk bepergian apalagi saat harus terburu-buru dan menembus kemacetan.

Sayangnya nih, masih ada sebagian pengguna sepeda motor yang masih sering abai terhadap sesuatu yang sebenarnya itu penting. Apa aja ya?
 
1. Mainin smartphone

Berkendara sambil memainkan/menggunakan smartphone itu berbahaya Sob. Menurut Pasal  106 ayat 1 UU No. 22 Tahun 2009, ketika mengendarai pengemudi wajib konsentrasi. Pelanggaran terhadap pasal ini diberikan sanksi di pasal 283, yang berisikan ancaman maksimal 750 ribu rupiah atau kurungan penjara paling lama tiga bulan. Sejumlah survei di negara-negara Barat membuktikan, bahwa penggunaan ponsel saat berkendara sangat membahayakan konsenterasi pengendara.

Iya kalau kecelakaan terus yang terluka atau sakit kita doang, nah kalau sampai turut mencelakakan orang lain, itu kan dzalim namanya ya?

2. Tidak menggunakan helm

Helm itu salah satu barang penting dan utama bagi pengendara bermotor. Naik motor nggak pakai helm, ibarat mau perang tapi rompi bajanya ketinggalan. #ehh

Kenapa helm menjadi hal penting? Karena kita nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di jalanan selama kita berkendara. Seandainya ada hal buruk yang menimpa kita di jalan, trus kita nggak pake helm, bisa sangat beresiko Sob.

Bukan berarti ngarepin yang enggak-enggak, tapi kita harus bisa antisipasi. Kalau soal takdir mah, itu lain soal ya ...

3. Tidak menggunakan masker dan sarung tangan

Meskipun terlihat sepele, masker dan sarung tangan juga nggak kalah penting, Sob. Polusi udara jalanan itu nggak bagus buat kesehatan. Bayangin deh kalau asap knalpot kendaraan dan debu di jalanan itu kita hirup secara terus-menerus, kasihan paru-paru kita dong. Yang ada, masih muda tapi kita udah sakit-sakitan. Na'udzubillah ...

Sarung tangan juga bisa ngebantu agar kulit tangan kita nggak terpapar sinar matahari secara langsung.

Paparan sinar ultraviolet berlebih dalam waktu lama akan merusak serat kolagen dan elastin (lapisan epidermis kulit). Sehingga kulit tubuh akan mengalami penuaan dini.

Bahkan, radiasi ultraviolet yang dipancarkan matahari bisa menyebabkan kanker kulit, Sob! Seremkan?

4. Tidak Mengenakan Jaket

Nggak hanya untuk ngebantu kulit tubuh dari paparan sinar matahari, jaket juga bisa membantu menghalau angin. Apalagi bagi pengendara motor jarak jauh yang setiap hari harus bolak-balik dengan sepeda motor sampai malam, nggak pake jaket bisa gampang  masuk angin pasti.

Oya, penggunaan jaket juga bisa membantu mengurangi seseorang dari bau asap kendaraan selama perjalanan lho. Seenggaknya, bajunya nggak bau-bau amatlah. Apalagi bagi yang jarang atau kurang suka menggunakan parfum.

5. Menerobos lampu merah

Nah ini sering banget Nida temuin. Menerobos lampu merah nggak cuma melanggar UU lalulintas, tapi juga sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Selain itu, meskipun sering dilakukan tanpa sadar, melanggar lampu lalu lintas sama artinya dengan mengambil hak milik orang lain.

Iya dong, seharusnya pengendara lain yang jalan, eh kita seenaknya menerobos. Dzalim kan namanya? Nggak mau dong, ada yang ngedo'ain kita yang buruk-buruk hanya karena kekhilafan kita dalam berkendara?

Yak, itu dia lima hal yang sering disepelekan oleh para pengguna sepeda motor. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...