5 Manfaat Mengunyah Permen Karet

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, bagi sebagian orang menguyah permen karet mungkin sesuatu yang ngak penting. Padahal mengunyah permen karet memiliki banyak manfaat lho. Berikut ini beberapa manfaat dari mengunyah permen karet yang perlu Sobat Nida ketahui:
 
1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi terbentuknya karang gigi dan melindungi enamel gigi. Mengunyah permen karet bebas gula secara rutin setelah makan selama sekitar 20 menit juga dapat membantu meningkatkan air liur atau saliva pada mulut. Peningkatan saliva ini dapat membantu mencegah gigi berlubang dengan membersihkan glukosa dan sisa-sisa makanan pada mulut. Air liur juga mengandung zat antibakteri, sehingga bau mulut berkurang. Selain itu, Xylitol dalam permen karet dapat membantu mencegah gigi keropos.

2. Mengurangi stress

Melakukan kegiatan santai seperti mengunyah permen karet dapat menurunkan kadar hormon kortisol, yakni hormon pemicu stress. Gerakan rahang saat mengunyah pemen karet dapat mengurangi stress, menciptakan rasa rileks dan puas. Jadi kalau kamu merasa gelisah, gugup atau cemas, coba deh ngucah permen karet.

3. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Mengunyah permen karet dapat memperbaiki area kognitif, seperti memori episodik, memori kerja, serta kecepatan mengolah persepsi. Rahang yang mengunyah terus menerus juga dapat memicu peningkatan kinerja otak yang dapat membantu menguatkan daya ingat. Mengunyah permen karet juga dapat memperbaiki area kognitif, seperti memori episodik, memori kerja, serta kecepatan mengolah persepsi. Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hal itu.

Serge Onyper, Asisten Profesor Psikologi di St Lawrence University melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa siswa yang mengunyah permen karet selama lima menit sebelum mengikuti ujian mendapat hasil tes yang lebih bagus dibandingkan siswa yang tidak mengunyah permen karet sebelum ujian. Peningkatan konsentrasi dan daya ingat ini juga hanya dapat bertahan 15-20 menit saja.

4. Menurunkan berat badan

Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi permen karet cenderung mengonsumsi lebih sedikit makanan yang mengandung kalori pada saat makan siang dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi permen karet. Maksudnya, permen karet dapat mengontrol nafsu makan.

Beberapa hasil penelitian juga menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi permen karet dapat mengurangi 36 kalori dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Jadi cocok banget nih buat yang lagi diet buat ngunyah permen karet. Daripada ngemil makanan yang nggak sehat ya kan?

5. Membantu orang yang ingin berhenti merokok

Nah kalau ini mungkin Sobat Nida sering nemuin ya. Para perokok memang biasanya akan kesulitan untuk berhenti merokok pada awalnya. Maklumlah kan rokok mengandung zat adiktif. Dan ternyata, mengunyah permen karet dapat mengurangi konsumsi zat stimulan adiktif yang terdapat dalam rokok, seperti nikotin dan kafein. Jadi mengunyah permen karet cocok banget deh buat yang pingin berhenti merokok.

Itu dia beberapa manfaat dari mengunyah permen karet. Masih banyak lagi sih manfaat yang lainnya juga. Yang jelas, semua itu harus diikuti dengan pola hidup yang sehat juga. Konsumsi makanan yang sehat dan olahraga secara teratur menjadi kunci utama.
 
Semoga bermanfaat.
 
Sumber: Berbagai sumber 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...