7 Hal ini Bisa mengurangi Pahala Puasa

Fashion-Styles-for-Girls-Online

“Betapa banyak orang yang berpuasa, ia tidak mendapat apa-apa kecuali rasa lapar” (HR. Ibnu Majah)

Sobat Nida, berpuasa memang merupakan ibadah yang luar biasa dahsyat pahalanya, akan tetapi pahala luar biasa tersebut bisa hilang sama sekali lho kalau kita melakukan beberapa hal yang bisa mengurangi pahala puasa ini, iih apa saja sih yang harus dihindari supaya kita nggak rugi cuma dapat lapar dan haus aja? Cek ya!

1. Berbohong

Puasa kok malah bohong sih? Ingat, berbohong itu bukan cuma di ucapan lisan, tapi bisa juga dilakukan dengan perbuatan, misalnya nilep/ korup uang orang lain, jauhi ya Sob! Jadi orang yang jujur aja biar hidup lega dunia akhirat.

“Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan pengamalannya, maka Allah tidak butuh kepada perbuatannya yang meninggalkan makan dan minum” (HR. Al Bukhari)


2. Bertengkar

Lagi puasa tapi tetap bertengkar? Hadeuh, belum tahu hakikat puasa berarti! Puasa itu bukan cuma urusan nahan lapar dan haus, tapi juga kemampuan mengendalikan nafsu amarah. Kalau disalip kendaraan lain aja udah bikin kamu teriak-teriak... apa artinya puasa yang sedang dilakukan? Belajar bersabar, bulan Ramadhan ini adalah waktu terbaik untuk kursus kesabaran Sob.

“Apabila seorang di antara kalian berpuasa maka janganlah ia berkata kotor, berteriak-teriak (bertengkar), dan bertindak bodoh. Jika ada orang yang mencela atau mengajaknya bertengkar maka katakanlah, “Sesungguhnya aku sedang berpuasa (dua kali),” (H.R. Bukhari dan Muslim).

3. Berkata cabul atau membangkitkan syahwat

Bukan sekadar ngomong kotor atau cabul, kalau kamu merayu wanita yang belum jadi istrimu, aduuh itu juga termasuk yang harus dihindari lho selama Ramadhan. Jadi, putus dulu aja sama pacar Sob, daripada pahala puasa menguap gara-gara kebanyakan rafats sama yayank?

“Sesungguhnya puasa itu bukan menahan dari makan dan minum saja, hanyalah puasa yang sebenarnya adalah menahan dari laghwu (ucapan sia-sia) dan rafats (ucapan kotor), maka bila seseorang mencacimu atau berbuat tindakan kebodohan kepadamu katakanlah: ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa’.” [Shahih, HR Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim, lihat kitab Shahih Targhib]

Rafats maksudnya adalah bentuk kata-kata atau tulisan yang mengarah pada pembangkitan syahwat. Ini juga termasuk menghilangkan pahala puasa karena menurut Imam Tirmidzi dan para penulis kitab Sunan memahami al jahl sebagai segala bentuk kemaksiatan.

4. Menatap aurat orang lain

Kalau nggak sengaja melihat aurat orang lain, segera palingkan pandangan Sob dan beristighfar. Tahu sendiri kan sekarang banyak banget iklan porno atau seksi yang sering tiba-tiba melintas di depan mata kita pas lagi main gadget. Makanya untuk sementara say goodbye dulu deh sama Korea Drama, film India, dll.

5. Membuka aib orang lain

“Barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat,” (H.R. Muslim).

Membuka aib orang lain atau berghibah juga sebaiknya tidak dilakukan saat berpuasa. Sebenernya saat gak puasa pun gak boleh dilakukan, tapi maksud Nida... apalagi pas lagi puasa, jauhi banget deh yang satu ini! Tahu kan Sob kalau ngomongin orang lain itu bikin nagih? Mending waktunya dipake buat baca quran.

6. Melakukan dosa besar

Sekadar hal-hal sepele aja udah bikin pahala puasa hangus, apalagi dosa besar seperti zina, durhaka pada orangtua, syirik, dan dosa besar lainnya. Duh, nggak deh Sob, dijauhi banget yaa... hargai tamu agung bulan suci Ramadhan!

7. Meninggalkan shalat

Puasa seharian penuh tapi nggak shalat? Itu ibarat pake jilbab tapi gak pake baju, hadeuh... aneh banget kan? Mulai jalankan shalat ya Sob, berlatih untuk disiplin dan konsisten menjalankan shalat wajib. Karena sesungguhnya amalan yang paling pertama dihisab di akhirat kelak adalah shalat.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...