7 Jurus Berlimpah Ide

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, ide itu ibarat perempuan. Jinak-jinak merpati. Kalau kita dekati ia keburu kabur. Kalau tidak kita dekati, ia datang sendiri. Nah, berikut ini 7 jurus berlimpah ide.

Jurus pertama

Milikilah buku ide. Buku ide ini boleh berupa buku saku. Boleh berupa buku harian. Buku ide adalah buku yang berisi kumpulan ide-ide, imajinasi, gagasan, opini kita. Buku ide bila semakin lama semakin banyak, maka sebaiknya kita arsipkan secara khusus di ruang tertentu.

Jurus kedua

Milikilah bank ide. Bank ide ini merupakan kumpulan dari buku-buku ide yang kita dokumentasikan dengan baik dan teratur. Bank ide ini bila dikembangkan dan diperkaya dengan pemikiran dan berbagai bumbu kehidupan, maka jadilah bank naskah. Bank naskah bisa jadi berisi kumpulan naskah kita. Bisa berupa puisi, cerpen, opini, novel, artikel yang mungkin saja belum diterima penerbit. Simpanlah. Dokumentasikanlah. Persiapkanlah. Matangkanlah. Suatu saat nanti, karyamu akan membuatmu mendunia. 

Jurus ketiga

Gemar berdiskusi. Ajaklah semua sahabat atau orang yang kau temui untuk berdiskusi, bertukar pikiran, tentang apapun. Dari diskusi ini, akan bermunculan ide-ide segar yang tak terduga sebelumnya. Nah, ide-ide segar itu bisa diperkaya dengan literatur dan riset, jadilah sebuah naskah yang matang dan siap saji.

 

Baca juga: 6 Cara Menemukan Ide Tulisan

 

Jurus keempat

Banyak membaca. Bacalah koran, majalah, tabloid, buku, ensiklopedia, kamus, kitab suci, dan yang terpenting adalah membaca kehidupan. Hidup dan kehidupan adalah guru yang mengajarkan kita tentang bagaimana menghadapi problematika kehidupan. Dengan banyak membaca, wawasan dan paradigma berpikir kita menjadi semakin bertambah luas.

Jurus kelima

Perbanyak silaturahmi. Satu musuh terlalu banyak, seribu sahabat masih kurang. Banyak silaturahmi, banyak rejeki. Salah satunya dalam bentuk ilmu pengetahuan dan pengalaman. Keduanya ini merupakan sumber ide yang sangat baik untuk dikembangkan menjadi tulisan. Tulisan yang terbit akhirnya dapat dibukukan.

Jurus keenam

Tingkatkan spiritualitas. Ide itu ibarat cahaya yang datang dari Allah. Cahaya Allah tidak akan diberikan kepada mereka yang dekat dengan kemaksiatan. Oleh karena itu, salah satu kiat agar berlimpah ide adalah dengan mensucikan diri dan mendekatkan dengan Ilahi. Bisa dengan mendirikan qiyaamullail, puasa sunah, berzikir, atau bersedekah.

Jurus ketujuh

Bergaul dengan para ulama dan ilmuwan. Dari pergaulan dengan kalangan cendekiawan dan ulama ini pastilah banyak sekali ide-ide yang baik dan bermanfaat. Banyak bertanya, mendengarkan, berdiskusi, tanya-jawab, bertukar pendapat, mengkaji, bermusyawarah akan memperkaya pikiran dan jiwa kita. Akhirnya, ide-ide cemerlang pun bermunculan.

Demikian 7 jurus berlimpah ide telah dikemukakan. Jangan lupa, serahkanlah semuanya kepada Allah, karena hanya Dialah sumber segala Ide.

Penulis:

Dito Anurogo, dokter digital/online, penulis 18 buku dan lebih dari 333 artikel dan karya

ilmiah terpublikasi, sedang kuliah di S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta. Email

ditoanurogo@gmail.com

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...