7 Tanda Depresi Yang Perlu Kamu Tahu

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sebagian orang mungkin masih menganggap bahwa depresi adalah sesuatu yang sepele dan akan hilang saja dengan sendirinya. Padahal tidak demikian, depresi sebenarnya merupakan bentuk suatu penyakit yang lebih dari sekadar perubahan emosi sementara dimana kondisinya dapat diubah dengan cepat atau secara langsung.

Saat seseorang mengalami depresi, bukan hanya dapat mempengaruhi emosi, tetapi juga ikut berpengaruh terhadap keseluruhan kehidupan orang tersebut. Termasuk hubungannya dengan orang lain. Jika berlangsung secara terus-menerus, depresi bahkan bisa berujung pada kematian.

Itu sebabnya, sangat penting bagi seseorang untuk mengetahui tanda-tanda depresi, sebab jika seseorang sudah mengetahui jika dirinya mengalami salah satu ciri depresi, bisa dicegah atau ditangani sejak awal.

Berikut ini beberapa tanda-tanda jika seseorang mengalami depresi yang perlu kamu tahu:

1. Suasana hati tidak tenang
Orang yang mengalami depresi biasanya sering merasa tidak tenang, was-was, dan sebagainya. Seringkali juga orang yang depresi selalu merasa ada yang mengawasi.

2. Sedih berkepanjangan
Normalnya, orang yang mengalami sesuatu yang sulit dan membuatnya sedih, maka rasa sedih itu tidak akan bertahan lama. Namun bagi orang yang mengalami depresi, perasaan sedih tersebut biasanya akan berlangsung lama dan terus-menerus.

3. Sulit tidur
Pada saat depresi, biasanya orang akan mengalami sulit tidur. Hal ini disebabkan karena adanya hormon Norepinephrine yang ada di kelenjar adrenal dan berasal dari otak. 

Hormon Norephnephryne tersebut berfungsi untuk membuat seseorang tetap fokus dan terjaga selama mengalami stres. Sehingga orang akan menjadi lebih waspada, tidak bisa tidur, juga menjadi fokus pada suatu masalah.

4. Sulit berkonsentrasi
Seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 3, bahwa Hormon Norephnephryne membuat seseorang menjadi sulit berkonsentrasi.

5. Mudah emosi
Mudah marah dan emosi merupakan gejala ringan dari depresi. Hal ini biasanya dipicu dari prasangkanya sendiri. Orang yang mengalami depresi biasanya lebih sensitif terhadap sesuatu.

5. Nafsu makan berkurang
Kalau kamu mengalami perubahan nafsu makan yang drastis, nggak ada salahnya kamu juga mulai waspada, karena bisa jadi itu merupakan tanda bahwa sebenernya kamu mengalami depresi.

Maksud dari perubahan nafsu makan itu, kalau kamu biasa makan sedikit tiba-tiba nafsu makan kamu bertambah, trus sebaliknya, yang biasanya makannya banyak, eh tiba-tiba jadi makan cuma sedikit.

6. Menarik diri dari pergaulan sosial
Orang yang memiliki gejala depresi biasanya akan menarik diri dari pergaulan sosial. Jadi kalau kamu atau mungkin ada orang di sekitar kamu yang tiba-tiba aja bertingkah aneh, murung, dan menarik diri dari pergaulan padahal biasanya aktif, nggak ada salahnya deh buat didekati secara personal. 

7. Mudah lelah dan lemas
Salah satu tanda orang yang mengalami depresi juga biasanya cepat lelah dan lemas. Dilihat dari luar pun kelihatan. Seperti nggak ada nyawanya gitu lho. Apalagi kalau ditambah dengan murung, makin terlihat kalau fisiknya nggak sehat.

Orang yang stres ini juga bisa banget buat mudah kena penyakit.

Itu semua cuma beberapa tanda aja Sob, masih banyak lagi tanda-tanda lain yang bisa jadi merupakan pertanda bahwa seseorang depresi.

Inget Sob, depresi itu bisa banget berujung dengan kematian. Makanya, nggak ada salahnya kalau emang ternyata kamu atau ada orang-orang di sekitar kamu yang ternyata memperlihatkan gejala, tanda atau ciri di atas, segera cari tempat curhat yang terpercaya yang dapat membantu meringankan masalah beban fikiran, jika memang depresinya masih dalam tahap ringan. Tapi kalau udah ngerasa depresinya parah, segera hubungi dokter deh.
 
Foto ilustrasi : Google 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...