8 Alasan Berjilbab Versi Helvy Tiana Rosa

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, selain karena perintah Allah SWT, alasan apa saja yang membuat kita keukeuh mempertahankan jilbab yang dikenakan sekarang? Pasti banyak yah, apalagi kalau sudah merasakan manfaat dari berjilbab.

 

Biar lebih menguatkan niat Sobat Nida dalam berjilbab, kenal dengan Helvy Tiana Rosa? Kalau belum kenal, kita kenalkan sekilas profilnya.

Helvy Tiana Rosa adalah wanita kelahiran Medan, 2 April 1970, ia seorang dosen, novelis, penulis, cerpenis dan penyair produktif, selain itu ia juga seorang pendiri Forum Lingkar Pena, sebuah komunitas pengaderan penulis terbesar di Indonesia bahkan sudah mendunia.

Salah satu cerpennya pernah mejeng di Majalah Annida tahun 1993 berjudul Ketika Mas Gagah Pergi, sebuah cerpen remaja yang sudah berusia 22 tahun tapi efek Mas Gagah masih terasa sampai sekarang, manfaatnya itu loh, remaja di tahun 90-an yang membaca cerpen tersebut banyak yang berubah jadi sholih sholiha, insyaAllah.

Kabarnya cerpen Ketika Mas Gagah Pergi akan di filmkan, sekarang lagi proses pengumpulan dana untuk membuat film Ketika Mas Gagah Pergi yang orisinil tanpa menghilangkan ruh islam yang terkandung dalam cerpennya.Yuk, donasi yuk, Sobat Nida, info lengkap bisa disini nih www.masgagah.com. Kapan lagi buat film yang ada uang kita di dalamnya?

Emang seperti apa sih cerpennya, Nida? Sobat Nida beli dan baca buku kumcernya ya hehe, hari gini belum baca cerpen yang best seller?

Nah, di dalam cerpen Ketika Mas Gagah Pergi ada satu adegan yang memaparkan alasan salah satu tokohnya dalam berjilbab ( halaman 16) , dan setelah di-kepo-in ternyata alasan alasan tersebut, adalah alasan pribadi dari pengarangnya sendiri, Helvy Tiana Rosa.

Apa saja alasannya? Cekidot, Sobat Nida.

1.Karena perintah Allah ( QS. Al Ahzab: 59 dan QS. An Nur: 31)

Waduh, ini sih alasan mutlak, kalau Allah yang perintah tanpa kita tanya ‘Kenapa ya Allah?’ pasti ujung ujungnya untuk kebaikan muslimah itu sendiri kan?

2.Karena Jilbab Menjadi Identitas Utama Muslimah

Sobat Nida, apa sih yang membedakan kita nih para musimah dengan penganut agama lain selain identitas keagamaan yang tercantum di KTP? Ya, Jilbab kita dong.

Bahkan Astri Ivo, seorang artis, mulai pakai Jilbab saat ia kuliah di Jerman. Lalu, ada juga muslimah yang berpelesiran ke luar negeri dan  bingung mencari restoran halal, eh sebab jilbab yang ia kenakan, ketika ia masuk ke restoran, pelayan restoran disana respect banget, muslimah tersebut diberitahu mana saja menu yang halal di makan. Subhanallah.

3.Karena Lebih Aman dan Tidak Diganggu

Pernah gak Sobat Nida, lagi jalan terus disapa begini ‘Assalamu’alaikum Bu Hajjah’, wuaaa, pakai jilbab aja masih diganggu apalagi dengan yang tidak memakai, dan syukurnya disapa dengan kalimat do’a, supaya segera naik haji hihi, Aamiin.

4.Karena Lebih Merasa Merdeka dalam Arti Sebenarnya

Penjajahan bukan terkait dengan masa lalu bangsa kita ya, yang dijajah oleh Belanda 350 tahun, ternyata sekarang kita juga sedang dijajah tapi dengan cara yang lain, melalui iklan di tivi, bahwa kita baru dinyatakan cantik, kalau kulit putih, rambut lurus terurai, langsing dan masih banyak bentuk jajahan lainnya, seperti pakaian.

Betapa merdekanya kita ketika duduk di angkot tanpa sibuk menutup bagian tubuh yang tampak itu dengan tas tangan, atau saat turun dari angkot, harus repot menutup bagian dada dan punggung karena kaos dan celana panjang kita kesempitan, hiii kebayang menderitanya ya Sobat Nida. Tapi, kalau pakai jilbab, kita bisa duduk senyaman dan semerdeka mungkin.

5.Karena Merdeka dari Pandangan Orang yang Mengukur Kita Dari Fisik Semata

Lanjutan dari alasan nomor empat nih Sobat Nida. Dengan jilbab, orang hanya akan mengukur kita dari kebaikan hati dan kecerdasan kita, bukan dari keindahan aurat kita yang tampak oleh mata mata yang tidak halal dan malah kita jadi sumber dosa buat yang melihat apalagi bila sampai menimbulkan penyakit hati dalam diri yang melihat. Hiii…Naudzubillah.

6.Karena Jilbab, Kendali Ada Di Tangan Wanita Bukan Lelaki

Maksudnya? Maksudnya Sobat Nida, dengan jilbab, wanita jadi punya hak pria mana yang berhak dan tidak berhak untuk melihatnya. Jadi gak ada lagi tuh istilah, ‘Sejak dulu wanita dijajah pria’.

7.Karena Dengan Berjilbab, Pada Dasarnya Wanita Telah Melakukan Seleksi terhadap Calon Suaminya.

Heuheu, Sobat Nida bikin para jomblo bergetar aja nih hati, hehe. Setuju ya Sobat Nida, pria yang merasa tidak mempunyai dasar agama yang kuat, pasti mikir beribu ribu kali untuk melamar gadis yang berjilbab.

8.Karena Jilbab Tidak Pernah Menghalangi Muslimah Untuk Maju dalam Kebaikan

Hari ini banyak banget ya contoh muslimah berjilbab yang sukses di bidangnya, Asma Nadia seorang Jilbab Traveler, dengan berjilbab tidak menghalangi Asma Nadia untuk berpelesiran ke puluhan negera di dunia, so far, aman aman aja, malah makin bersinar dengan segudang prestasi, kemudian seorang muslimah di Palestina, jilbab tidak menghalanginya dalam usia muda bisa menjadi seorang walikota.

Memang, jilbab bukan satu satunya indikator ketakwaan, tapi yang namanya keimanan mesti dibuktikan dong, salahsatunya dengan berjilbab, maka lakukanlah semampunya dan sesuai syari’ah tentang ketentuan berjilbab serta menutup aurat yang seharusnya.

Itulah kedelapan alasan berjilbab seorang Helvy Tiana Rosa, kalau Sobat Nida? Boleh ditambahin sendiri alasan alasan lainnya. Semangat berjilbab yang baik dan benar, yuk Sobat Nida.

Referensi:

-Tiana Rosa, Helvy, 2014, Ketika Mas Gagah Pergi, Depok: Asma Nadia Publishing House

Profil penulis:

Nurul Fauziah, sehari hari berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga, Blogger dan aktif di FLP Sumut, dan Komunitas Ummi Menulis,  domisili di Medan. Bila berkenan, sila sapa saya di  

Twitter : @nufazee

IG           : @nufaz3e

Blog       : www.nufazee.blogspot.com

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...