Adab-adab dalam Memberikan Salam yang Perlu Kamu Tahu

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Adab-adab dalam Memberikan Salam yang Perlu Kamu Tahu

Sobat Nida, meneebarkan salam merupakan sunah Nabi. Sebab dengannya, secara tidak langsung kita ikut mensyiarkan Islam dengan cara yang baik.

Dari Abu Al Khair dari Abdullah bin 'Amru bahwa seorang laki-laki bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam; "Islam bagaimanakah yang baik?" beliau menjawab: "Kamu memberi makan, menebarkan salam baik terhadap orang yang kamu kenal maupun terhadap orang yang tidak kamu kenal." (HR Bukhari No 5767)

Di masa kini, menebarkan salam agaknya aneh atau bahkan bisa dicurigai jika dilakukan kepada orang asing. Makanya kebanyakan orang memberikan salam hanya kepada orang-orang yang dikenal.

Sayangnya lagi, kebanyakan orang tidak mengucapkan Assalamualaikum, tetapi menggantinya dengan ungkapan halo, hai, selamat sore, pagi atau malam dan sejenisnya sebagai sapaan ketika bertemu di jalan atau di sambungan telepon. Padahal salam itu isinya do'a lho ya.

Selain sunah menebarkan salam, ternyata mengucapkan salam ada adab-adabnya Sob.

Dari Abu Hurairah dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Hendaknya yang kecil memberi salam kepada yang besar, yang berjalan memberi salam kepada yang duduk dan (kelompok) yang sedikit memberi salam kepada yang banyak." (HR Tirmidzi No 2628)

Di dalam riwayat lain juga dijelaskan jika ada orang yang berkendara bertemu orang di jalan.

Abu Hurairah berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Hendaknya orang yang berkendara memberi salam kepada yang berjalan, dan yang berjalan memberi salam kepada yang duduk dan (rombongan) yang sedikit kepada (rombongan) yang banyak." (HR Bukhari No 5764)

Itu dia adab dalam memberi salam. Nggak bingung lagi dong ya kalau ketemu orang di jalan harus gimana?

Tapi hal ini sih kondisional juga, Sob. Kalau memang kita berpapasan sama orang yang mungkin belum tahu tentang adab dalam memberikan salam ini, kita yang tahu ya nggak masalah buat negur duluan. Jangan sampai ketemu orang di jalan malah ribut gara-gara orang tersebut nggak mau ngucapin salam duluan. Hehe.

Tidak hanya mengamalkan adabnya, semoga kita juga bisa kembali menebarkan salam kepada siapapun ya Sob. Kembali menebarkan dan menunjukkan Islam dengan cara yang baik.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...