Agar Bisa Menjadi Seperti Buah Utrujjah

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, banyak sekali amal ibadah yang dapat dilakukan selama menjalankan puasa. 

 
Bagi yang memiliki kelapangan harta bisa dengan memperbanyak bersedekah, bagi yang memiliki kelebihan ilmu bisa mengajarkannya kepada orang lain, dan seterusnya.
 
Salah satu amalan yang sudah sepatutnya ditingkatkan adalah membaca Al-Qur'an. Banyak sekali keutamaan  membaca Al-Qur'an. Selain dapat menjadi syafa'at bagi pembacanya di yaumil akhir,  bagi yang membacanya dengan tartil akan bersama malaikat yang mulia lagi taat. Bahkan, muslim yang belajar Al-quran dan mengajarkannya,  merupakan sebaik-baik manusia.  Sebagaimana hadits berikut :
 
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al Qur'an dan mengajarkannya." (HR Abu Daud No 1240)
 
Tahukah Sobat Nida, bahwa di dalam hadits shahih disebutkan tentang perumpamaan seorang mukmin yang membaca Al-Quran itu seperti buat Utrujah. Apakah buah Utrujah itu? Simak hadits lengkapnya:
 
Dari Anas bin Malik dari Abu Musa Al Asy'ari dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al Qur`an seperti buah utrujah, rasanya enak dan baunya harum. Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al Qur`an seperti buah kurma, rasanya enak namun tidak berbau. Dan perumpamaan orang munafik yang membaca Al Qur`an seperti buah Raihanah, baunya harum sedang rasanya pahit. Sementara perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al Qur`an adalah seperti buah Hanzhalah, rasanya pahit dan tidak berbau." (HR Ibnu Majah No 210)
 
Nah, coba kita introspeksi diri yuk Sob. Sudahkah kita termasuk ke dalam golongan yang seharum dan seenak buah Utrujjah,  atau justru kita termasuk golongan seperti buah Hanzhalah yang rasanya pahit dan tidak berbau? Na'udzubillah...
Kita semua pasti pinginnya masuk seperti yang diperumpakan seperti buah Utrujjah dong Sob?
 
Maka dari itu,  yuk kita kembali membaca,  mentadabburi,  dan berusaha untuk mengamalkan isinya secara perlahan!
Nggak akan mudah buat istiqamah,  tapi lebih baik mencoba daripada enggak sama sekali. Ya kan???
 
Eits ... Tapi tetep nggak boleh berlebihan ya Sob. Memperbanyak baca Al-Qur'an boleh banget, kewajiban lain di dunia juga harus dipenuhi. Berbakti kepada orantua, membantu sesama, dan lain sebagainya. Jangan sampai kesibukan kita mengejar akhirat membuat kita melalaikan amanah kita yang lain.
 
Wallahua'lam bishowab.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...