Agar Jerawat Tak Betah di Wajah, Perhatikan Hal Ini

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, kamu punya masalah dengan kulit atau wajah berjerawat? Kalau iya, sebaiknya kamu perhatikan hal-hal berikut ini supaya jerawat kamu nggak semakin menggila. 

Berikut ini Nida mau ngasih tahu nih apa-apa aja yang boleh dan nggak boleh dilakuin sama kamu yang memiliki masalah dengan jerawat.

DON'T : 

1. Menyentuh jerawat
Tau nggak sih Sob, tangan itu walaupun terlihat bersih tapi ternyata mengandung kuman atau bakteri yang tak kasat mata lho. Bayangin deh, kalau pas jerawat kamu lagi subur-suburnya, eh kamu malah megangin jerawat dengan tangan kamu yang kotor itu, apa jadinya? Yups, bakterinya pindah ke wajah, dan akhirnya jerawat kamu semakin awet di sana. 

So, hindari banget deh hal ini. Kalaupun mungkin ada yang gatel ya, coba dilap aja pake tisu atau sapu tangan.

2. Memencet jerawat
Jerawat di wajah itu emang kadang terlihat ngegemisin ya Sob. Saking gemesnya jadi pingin mencetin aja tuh biar cepet berlalu manjah. 

Eits, tapi mencetin atau mecahin jerawat sama sekali bukan solusi buat ngilangin jerawat kamu lho, yang ada kulit malah iritasi, timbul bopeng akibat bekas jerawat, dan yang pasti, jerawat kamu bisa jadi malah beranak pinak.

So, buat yang masih gemas sama jerawat sendiri, hindari juga hal ini.

3. Terlalu sering scrubbing
Rutin melakukan scrubbing wajah emang bagus buat kulit, tapi kalau keseringan juga nggak bagus. Apalagi kalau di wajah kamu itu masih banyak wajah yang bercokol, waduh ... kasihan kulit kita dong. 

4. Menggosok dengan handuk
Hmm, siapa nih yang punya kebiasaan make handuk badan buat ngelap muka, ngaku....

Kalau ternyata kamu adalah salah satu orangny, sebaiknya dihidari ya kebiasaan tersebut, soalnya itu nggak bagus Sob. Buat wajah ya siapin dong lap atau handuk bersih yang dipake khusus buat wajah. 

DO

1. Rutin perawatan
Yang namanya wajah jerawatan itu biasanya kulit lebih sensitif Sob. Apalagi sama yang namanya kuman. Dan wajah jerawatan emang perlu perawatan ekstra dibandingkan yang kulit wajahnya normal.

Buat yang memiliki budget lebih mungkin bisa membeli produk skincare yang cocok dengan kulitnya, dan buat yang budgetnya terbatas juga nggak usah khawatir dan ngebayangin bahwa perawatan itu butuh budget gede. Ada kok skincare yang bagus tapi harganya ramah di kantong. Atau kalau kamu memiliki waktu luang, kamu juga bisa membuat beberapa perlengkapan perawatan wajah sendiri. Seperti membuat toner dengan cuka apel, masker wajah dengan putih telur, oatmeal, dll.

Intinya, yang penting kamu harus punya waktu khusus setiap hari buat bersihin wajah, terutama sebelum tidur.

2. Gunakan sunscrenn
Nggak cuma kulit berjerawat sih, tapi semua jenis kulit itu nggak baik jika terpapar sinar cahaya matahari langsung dan dalam waktu yang lama. 

Makanya nih, ada baiknya kamu rajin pake sunscreen buat melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung, apalagi yang pekerjaannya di lapangan dan mengharuskan mobile kemana-mana.

3. Rutin ganti sarung bantal
Kalau yang suka tidur pakai bantal, jangan lupa buat rutin ganti sarung bantalnya ya. Tau sendiri kan, bantal itu kan juga buat kepala, dimana kadang rambut kita nggak selalu bersih. Kalau lama nggak diganti otomatis banyak kotoran atau kuman yang menetap di bantal. Kalau udah gitu, perawatan wajah pun menjadi sia-sia.

4. Gunakan make up non-comedogenic
Nah ... buat yang masih sering pake make up, entah mungkin karena tuntutan pekerjaan atau apa, sebaiknya kamu pilih-pilih deh dalam menggunakan prduk make up. Karena nggak semua bahan-bahan yang terkandung di dalam make up itu cocok buat kamu yang memiliki kulit berjerawat. 

Produk make up non-comedogenic  ini memang diformulasikan khusus menggunakan bahan-bahan yang nggak akan mendorong sel-sel kulit untuk berhimpitan satu sama lain dan menyumbat pori-pori. Jadi ini aman banget buat kamu yang harus bermake up saat wajah berjerawat.

Selain hal di atas, masih banyak hal lain sebenernya yang boleh dan nggak boleh dilakuin. Yang jelas, menjaga pola hidup sehat itu penting banget. Ya perlahan-lahan ajalah kalau memang belum bisa total ninggalin kebiasaan buruk seperti konsumsi junkfood, merokok, dll. In shaa Allah kalau hal-hal di atas berhasil di lalui, jerawat pun akan berlalu.
 
 
Foto ilustrasi : Google 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...