Allah Maha Kaya, Mintalah yang Menurut Kita Tidak Mungkin

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, Allah Subhanahu Wa Ta’ala Maha Kaya dengan dzat-Nya, yang memiliki kekayaan yang mutlak dan sempurna dari seluruh sisi dan pandangan. Al-Ghaniy artinya Allah Maha Kaya, merupakan salah satu nama Allah Azza wa Jalla yang sangat indah. Keindahannya terletak pada nama dan makna-Nya. Allah tidak membutuhkan apapun secara mutlak. Dia tidak membutuhkan makhluk-Nya sementara makhluk-Nya butuh kepada-Nya dalam segala sesuatu.

Rasulullah Shalallaahu ‘Alahi Wasallam bersabda, “Mintalah penjagaan Allah, niscaya kamu akan dijaga. Mintalah perlindungan Allah, niscaya kamu akan berada dalam perlindungan-Nya. Jika kamu meminta pertolongan mintalah kepada Allah. Ketahuilah apabila umat manusia berkumpul untuk meminta suatu manfaat darimu, mereka tidak akan mendapatkannya kecuali Allah telah menulisnya bagimu. Apabila umat manusia berkumpul untuk mencelakai kamu dengan sesuatu, mereka tidak akan bisa mencelakai dengan sesuatu itu kecuali Allah telah menulisnya terhadapmu, (terus) menulislah pena-pena itu dan menjadi besarlah buku-buku tersebut.” (HR Ahmad, At-Tirmidzi)

Sungguh sangat menakjubkan kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kita akan mendapat perlindungan dari-Nya, ke mana pun kita melangkah, Allah akan selalu melindungi dan menjaga kita. Jika kita meminta, maka kita akan mendapatkan yang kita inginkan degan izin Allah, termasuk yang mustahil menurut kita.

Ingatlah potongan ayat dari surat Yaasiin: 82, “Kun Fayakuun” yang artinya, “’Jadilah!’ maka terjadilah ia.” Tidak ada hal yang sulit bagi Allah, tidak ada hal yang mustahil untuk tidak terjadi jika Allah menghendaki terjadinya sesuatu dan atau tiadanya sesuatu. Dalam kehendak-Nya menjadikan sesuatu atau mengabulkan sesuatu, ada yang melalui proses masa atau  kurun waktu, ada yang seketika, dan ada yang melalui proses tahapan hingga wujud akhirnya.

Jika kita dilanda musibah sehingga menurut kita mustahil untuk diselesaikan, berdoalah kepada Allah. Sesungguhnya tidak ada yang mustahil bagi-Nya. Berhusnuzan (berprasangka baik) kepada Allah, bahwa hanya dengan rida-Nya, segala awan gelap kehidupan mampu disingkirkan.

Rasulullah Shallallahu ‘alahi wasallam bersabda, “Tidak ada yang dapat menolak ketentuan takdir (qadha) kecuali doa. Dan, tidaklah ada yang menambah umur kecuali berbuat kebajikan. Dan, seseorang diharamkan rezekinya, karena perbuatan dosanya.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Sesungguhnya Allah Maha Kaya, Sobat Nida. Mintalah kepada Allah dengan terus berikhtiar dan optimis dengan penuh prasangka baik pada-Nya. Mintalah dengan mengharapkan ridho dan keberkahan, niscaya apa yang Sobat Nida minta terkabulkan. Aamiin. (Cucu Rizka Alifah)

Sumber: almanhaj(dot)or(dot)id, hidayatullah(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...