Allah Tak Butuh Lapar dan Haus Kita, Jika Berpuasa namun Tetap Berdusta

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sejatinya puasa bukanlah sekedar menahan lapar dan haus belaka. Karena tidak perlu menunggu Ramadhan untuk menahan haus dan lapar.

Yang tak kalah penting saat berpuasa adalah menahan hawa nafsu kita.

Nafsu berkata kotor, berdusta, marah, dan lain sebagainya.

Seringkali kita masih terpancing oleh olok-olok orang lain terhadap diri kita, hingga kita lupa bahwa tak seharusnya kita ikut mencela orang yang mencela diri kita.

Dari Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Puasa adalah tameng, apabila salah seorang diantara kalian berpuasa maka janganlah ia berkata kotor, dan melakukan perbuatan bodoh. Apabila terdapat seseorang memusuhinya atau mencelanya maka hendaknya ia mengatakan; aku sedang berpuasa." (HR Abu Daud No 2016)

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa setiap amalan ibadah yang kita laksanakan di dunia ini, bukanlah karena Allah membutuhkan kita, melainkan sebaliknya. Kitalah yang membutuhkan Allah.

Oleh sebab itu, kita harus terus berupaya untuk memperbaiki ibadah-ibadah kita, termasuk puasa. Dan meninggalkan dusta merupakan salah satu perbuatan tidak terpuji yang sudah sepatutnya kita hindari. Sebab Allah sangatlah membencinya.

Abu Hurairah berkata, Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barang siapa yang tidak bisa meninggalkan perkataan Zur (dusta) dan perbuatan Zur (maksiat) maka Allah tidak membutuhkannya walaupun telah meninggalkan makan dan minumnya (tidak akan menerima puasanya-pent)". (HR Tirmidzi No 641)

Na'udzubillah ya Sob. Jangan sampai usaha kita menahan rasa haus dan lapar justru tidak diterima Allah karena ternyata kita masih berdusta dan bermaksiat meskipun sedang berpuasa.

Semoga kita tidak akan pernah lelah belajar untuk memperbaiki diri. Wallahua'lam bishowab.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...