Apa Itu Bitcoin? Ini Penjelasannya

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Saat ini transaksi jual beli di internet telah berkembang dengan pesat. Tidak hanya proses transaksi yang beragam, kini juga telah muncul sebuah mata uang virtual baru yang bernama Bitcoin. Mungkin sebagian dari Sobat Nida ada yang belum tahu bahkan baru pertama kali mendengar namanya. Mari, mengenal mata uang virtual pertama di dunia!

Pengertian Bitcoin

Bitcoin merupakan sebuah mata uang virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi online. Wujud dari mata uang ini tidaklah seperti mata uang fisik yang dikeluarkan oleh bank atau dari sebuah negara, melainkan berupa sebuah file seperti file-file umum biasa.

File tersebut memiliki beberapa kode unik yang menjadikannya tidak sama satu dengan lainnya. File Bitcoin dapat Sobat Nida simpan dalam computer, sebuah flashdisk atau software yang dinamakan Bitcoin Digital Wallet.

Sejarah Bitcoin

Menurut beberapa sumber, sejarah lahirnya Bitcoin berawal pada tahun 2007. Satoshi Nakamoto, seorang ahli komputer mencoba mengembangkan sistem mata uang virtual model baru yang sama sekali tidak terikat oleh pihak atau otoritas manapun. Ia mengaku telah mengembangkan Bitcoin selama dua tahun dan mulai melepasnya di dunia internet pada tahun 2009 dan akhirnya menyebar hingga saat ini.

Penyebaran Bitcoin

Mengenai penyebarannya saat ini, Bitcoin sudah tersebar hampir di seluruh dunia. Tapi, ada beberapa negara yang menolak penggunaan mata uang Bitcoin sebagai alat transaksi online, yaitu diantaranya Cina dan Singapura.

Negara tersebut menolak penggunaan Bitcoin sebagai alat jual beli yang sah karena sifatnya yang tidak aman dan dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk terhadap kestabilan transaksi online.

Nilai Bitcoin

Mengenai nilai Bitcoin, beberapa pihak menyatakan bahwa saat ini nilai 1 Bitcoin atau 1B (Simbol Bitcoin) senilai dengan $195 dolar. Tapi, nilai tersebut akan terus berubah sesuai dengan keberadaan jumlah Bitcoin yang ada saat ini.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Di Indonesia, Sobat Nida bisa membeli Bitcoin lewat beberapa situs, seperti Bitcoin(dot)co(dot)id, Luno, serta CoinBase. Melalui platform tersebut, kamu pun bisa menukarkan Bitcoin yang kamu miliki dengan mata uang Rupiah. Kamu bisa mendapatkan Bitcoin dengan cara menjadi maintainers dan melakukan verifikasi terhadap transaksi (Bitcoin Mining). Ketika kamu berhasil melakukan ini, sistem akan memberikan kamu Bitcoin. Lalu, kamu dapat menawarkan jasa atau barang kepada seseorang yang memiliki Bitcoin dan menerima pembayaran dengan Bitcoin.

Fitur pada Bitcoin

Bitcoin sebagai mata uang memiliki fitur, yaitu sebagai berikut:

1. Transfer instant secara peer to peer

Peer-to-peer sendiri artinya Bitcoin dapat berjalan tanpa memiliki server pusat. Server penyimpanannya bersifat desentralisasi dan terdistribusi dibagi ke berbagai server yang dijalankan oleh setiap pengguna yang terhubung ke dalam jaringan.

2. Transfer ke mana saja

Tidak seperti emas, Bitcoin bisa dikirimkan kemana saja dalam hitungan detik, kapan pun dan darimana pun yang Sobat Nida mau. Pengiriman uang dengan Bitcoin bisa terjadi hanya dengan modal sebuah smartphone dan koneksi internet.

3. Biaya transfer sangat kecil

Biaya pengiriman bisa dihilangkan sampai gratis, namun untuk mempercepat transaksi, biasanya dompet Bitcoinmu akan memotong biaya sekitar 500 hingga 3000 rupiah, tidak peduli berapa jumlah uang yang dikirimkan.

4. Bersifat irreversible

Irreversible yang artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan. Bitcoin dapat diberikan ke tangan orang lain, tapi transaksi tidak dapat dibatalkan kecuali orang itu bersedia mengirimkan Bitcoinnya kembali.

5. Bersifat pseudonymous

Semua transaksi yang pernah dilakukan sekaligus saldo Bitcoin yang dimiliki seseorang bisa dlihat, namun kamu tidak akan tahu siapa pemilik alamat Bitcoin tersebut bila si pemilik tidak memberitahukannya. Setiap pengguna Bitcoin sebenarnya bisa memilih apakah namanya ingin dimunculkan atau tidak. Meskipun si pengguna ingin merahasiakan identitasnya, semua transaksinya tetap tercatat dan dapat dipantau oleh publik.

6. Tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.

BitCoin yang menggunakan database Blockchain tidak dikontrol oleh suatu pihak, melainkan sangat terbuka untuk umum sehingga mustahil bagi seseorang untuk memalsukan transaksi di Blockchain. Seluruh transaksi tercatat secara langsung, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Siapa pun yang ingin mengubah atau memalsukan data transaksi BitCoin, harus meretas jutaan server tersebut di saat yang bersamaan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Bitcoin. Bagaimana, Sob? Apakah setelah ini kamu berniat memiliki BitCoin? Mata uang Bitcoin memang merupakan hasil dari perkembangan dunia teknologi e-commerce yang tumbuh terlalu masif. Bagi Sobat Nida yang merupakan seorang pelaku e-commerce boleh saja mengikuti dan mengerti lebih dalam tentang perkembangan yang ada, tapi yang terpenting adalah tetap mengutamakan keamanan transaksimu. (Dina Nazhifah)

Sumber: id(dot)techinasia(dot)com, maxmanroe(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...