Apakah Jin Qorin Termasuk Jin Muslim

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, mungkin kalian sudah tahu bahwa ada sosok yang selalu mendampingi dan menggoda diri kita. Sosok itu ialah jin qorin. Banyak yang berpendapat bahwa jin qorin merupakan jin muslim yang membisikkan hal-hal baik dan menolong manusia. Apakah hal itu benar? Apakah jin qorin termasuk golongan jin muslim? Berikut penjelasannya!

Rasulullah menjelaskan dalam haditsnya:

Setiap orang diantara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” (HR. Muslim)

Imam Nawawi menjelaskan bahwa pada hadits tersebut terdapat peringatan keras terhadap godaan jin qorin dan bisikannya. Adapun menurut Syaikh Muhammad bin Shalih Al Munajid berpendapat bahwa tidak ada tugas jin qorin selain untuk menyesatkan, menganggu, dan membisikkan hal-hal buruk. Akan tetapi, godaan yang dilakukan oleh jin qorin ini akan melemah apabila keimanan seseorang kuat.

Hadits dan dua pendapat di atas sudah menjelaskan bahwa jin qorin bukanlah jin baik yang selalu membisikkan seseorang untuk melakukan kebaikan. Lantas, jika bukan jin muslim, termasuk jin apakah jin qorin?

Jin memiliki dua jenis, yaitu jin muslim dan jin kafir. Jin muslim merupakan jin yang taat dan menjalankan kewajiban agama Islam. Sedangkan, jin kafir merupakan jin yang mengabaikan kewajiban agama Islam. Dua jin ini memiliki ciri-ciri yang berbeda, berikut perbedaannya:

Jin muslim suka tinggal di rumah-rumah orang yang taat menjalankan perintah agama dan mereka selalu menjadi makmum jika si tuan rumah sedang shalat. Sedangkan jin kafir suka tinggal di tempat-tempat yang dijadikan sarang maksiat oleh manusia dan suka menggaggu orang-orang yang sedang sholat atau melakukan ibadah lainnya.

Jin muslim suka beristirahat di tempat-tempat yang bersih seperti masjid, mushola, dan tempat ibadah lainnya. Sedangkan jin kafir suka tinggal ditempat-tempat yang kotor seperti kamar mandi. 

Jin muslim selalu senang jika mendengar suara adzan dan ikut melaksanakan sholat berjamaah. Sedangkan jin kafir benci mendengar suara adzan dan mereka akan bersembunyi di dalam kamar mandir setiap kali suara adzan berkumandang.

Jin muslim senang jika mendengar tuan rumah sedang mengaji. Sedangkan jin kafir sangat senang jika ada orang yang tidak mengaji, meninggalkan sholat, dan melakukan perbuatan maksiat. Oleh karena itu jin kafir suka menganggu ke dalam pikiran manusia untuk mengganggu keimanan seseorang, tapi manusia tidak merasa digoda oleh jin kafir karena manusia tidak bisa melihatnya.

Syaikh Ibnu Utsaimin pernah ditanya, “Apa itu qorin?” Beliau menjawab, “Qorin adalah setan yang ditugasi untuk menyesatkan manusia dengan izin Allah. Dia bertugas memerintahkan kemungkaran dan mencegah yang ma’ruf. Sebagaimana yang Allah firmankan,

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِالْفَحْشَآءِ وَاللهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلاً وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Setan menjanjikan kefakiran untuk kalian dan memerintahkan kemungkaran. Sementara Allah menjanjikan ampunan dan karunia dari-Nya. Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 268)

Akan tetapi, jika Allah memberikan karunia kepada hamba-Nya berupa hati yang baik, jujur, selalu tunduk kepada Allah, lebih menginginkan akhirat dan tidak mementingkan dunia maka Allah akan menolongnya agar tidak terpengaruh gangguan jin ini, sehingga dia tidak mampu menyesatkannya. (Majmu’ Fatawa, 17:427)


Sobat Nida, setelah mengetahui perbedaan antara jin muslim dan kafir, tentu kamu mulai memahami bahwa jin qorin bukanlah termasuk jin muslim. Jin qorin merupakan jin kafir yang suka menganggu dan menghasut manusia agar tidak menjalankan ibadah dan melakukan hal-hal buruk. (Dina Nazhifah)

Sumber: hidayatullah(dot)com, kabarmakkah(dot)com, konsultasisyariah(dot)com
Ilustrasi: Google

 

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...