Untitled Document

Kategori : Info Buku

Dibaca : 866 Kali

Proses Kreatif, Mengapa dan Bagaimana Saya Mengarang

Sapardi Djoko Damono, dkk.

Mau ngintip bagaimana caranya para penulis besar semacam Pramoedya Ananta Toer, Sapardi Djoko Damono, Umar Kayam, Danarto, Hamsad Rangkuti, dan lain-lain, menghasilkan karya-karya masterpiece mereka? Ternyata, karya-karya besar mereka nggak terjadi simsalabim dalam satu malam. Butuh waktu panjang dalam menghasilkan karya terbaik. Dan yang paling seru, seperti orang kebanyakan, mereka juga mengalami peristiwa yang berkesan, menyedihkan, bahkan mengharukan, yang melatarbelakangi terciptanya karya-karya mereka.

       Sebut saja Pram, yang kita tahu pernah hidup di penjara saat berusia 23 tahun oleh serdadu KNIL. Tapi toh, pengalaman hidup Pram di penjara telah melahirkan sebuah karangan berjudul Perburuan dan Keluarga Gerilya. Kisah Sitor Situmorang, penyair asal Sumatera Utara ini, lain lagi. Sajak singkatnya, Malam Lebaran, yang terdiri dari dua baris (Malam Lebaran/Bulan di Atas Kuburan), menarik perhatian publik dan pengamat puisi. Orang pasti tak paham apa yang Sitor maksud sebelum mendengar kisahnya sebelum menulis sajak itu. Begitu pula dengan Sapardi, yang mengaku justru dari kehidupan nyatanya yang dianggap di "luar akal", karya-karyanya banyak diapresiasi oleh banyak orang.

       Proses kreatif selusin sastrawan besar Indonesia tercecer di buku ini dan rasanya kita jadi bisa mengambil ibroh dari pengalaman sehari-hari yang kita alami, karena sesungguhnya ide menulis itu ada di sekitar kita. Sebenarnya, buku ini merupakan remake dari buku berjudul sama yang pertama kali diterbitkan oleh Gramedia tahun 1982 dalam dua jilid. [nyimas]

Penerbit: KPG       Tebal: 258 halaman         Harga: Rp. 45.000,00


Artikel Sebelumnya :

Untitled Document