Untitled Document

Kategori : Sapa Nida

Dibaca : 710 Kali

Beruntung

Assalamualaikum wrwb.

Sob, apa sih yang dimaksud beruntung? Orang yang menang lotere milyaran? Orang yang dapat tiket gratis konser maher zain (weis...)? Orang yang dilahirkan sebagai anak orang kaya, cakep, pinter?

Kalau kita ngaku al-Quran adalah pegangan hidup kita, maka kita tidak akan terjebak pada jawaban-jawaban sejenis di atas.

Allah menjelaskan bahwa orang yang beruntung adalah orang yang menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah kemunkaran, orang yang beruntung adalah mereka yang terpelihara dari kekikiran dirinya, orang yang beruntung adalah mereka yang mengharap keridhoan Allah, coba cari di Quran untuk selengkapnya.

Intinya... keberuntungan bukanlah suatu pemberian. Keberuntungan sebenarnya datang dari usaha kita. Allah itu adil... semua orang bisa beruntung asal berusaha. Sayangnya, ada orang yang pesimis sebelum usaha, sehingga apapun yang ia kerjakan... takkan berbuah keberuntungan.

Seharusnya kita selalu bersikap optimis dalam melakukan sesuatu. Melihat kondisi negara yang mengalami degradasi moral, jangan malah surut semangat sembari berkata... yaa sudahlah, gue gak bisa berbuat apa-apa. Tapi coba lakukan apapun yang bisa kita sumbangkan meski kecil.

Bagi penulis, bisa menyumbang lewat tulisannya. Bagi penyanyi, lewat lagunya. Bagi pelajar dan mahasiswa, lewat prestasinya. Bukankah itu bentuk amar ma'ruf, nahi munkar. Tidak inginkah kita menjadi manusia beruntung?

So, keberuntungan bukanlah kata benda, melainkan kata kerja yang musti diupayakan. Apalagi kalau kita mengharap keberuntungan dari Allah...

Selamat mengupayakan keberuntunganmu hari ini Sob...

Wassalam


Artikel Sebelumnya :

Untitled Document