Untitled Document

Kategori : Sapa Nida

Dibaca : 1489 Kali

Penyakit Menular

Assalaamualaikum

Sobat Nida... cacar, campak, TBC, memang penyakit menular. Tetapi gak setiap hari kita ketemu orang-orang dengan penyakit tersebut kan?

Sayangnya... kita tak sadar bahwa ada penyakit menular yang lebih parah dan harus diwaspadai selain AIDS dan Demam Berdarah, karena penyakit menular berikut ini punya banyak jenis dan banyak pengidapnya, Sob! Udah gitu... tiap hari kita pasti ketemu penderitanya dan bisa jadi ketuleran.

Penyakit apaan sih? Coba cek satu per satu yuuk:

1. Penyakit Malas

Siapa yang belum tau kalau rasa malas itu menular? Makanya, kalau lagi malas... plis deh jangan dipertunjukan depan publik. Pasang status Fb en twitter: Gue lagi maleeess...

Gak ada bagusnya dan cuma bikin orang lain ketuleran malas juga loh Sob!

Gimana cara menghilangkan infeksi malas?

- Jangan deket-deket sama temen yang malas, sudah dipastikan bakal menular! - Coba bersaing dengan teman yang rajin! Misal, lomba baca Quran tiap hari banyak-banyakan, minimal 1 juz.

2. Penyakit Gosip

Nah, gosip juga menular ternyata Sobat Nida. Jadi, kalau tiap hari ketemu sama orang-orang yang suka gosip, kita pasti ketuleran bergosip. Kalau gosipnya nambah ilmu en perkaya pengalaman mah boleh deh, tapi kalo nambah dosa mah jangan!

Cara sembuh dari infeksi gosip: - Kalau lagi ada gosip ghibahin orang, coba diingetin! Atau minimal jangan ikutan... tapi yang lebih bagus coba arahin gosip itu jadi positip! Misalnya, jadi ajang cari solusi, sharing pengalaman. Soalnya kadang kita bergosip karena butuh diperhatiin kaan... kalo dibubarin dengan kasar kayaknya cuma nambah gencar gosipnya aja deh. - Tahan mulut untuk tidak mulai gosip duluan!

3. Penyakit Lesu

Lesu, letih, lemah, lemas, letoy, loyo adalah sodara kembar yang bisa menular ke sekitar! Kalau ada satu orang lesu di dalam ruangan, dampaknya bisa menyebar ke orang lain di ruangan yang sama looh...

Cara cegah infeksi lesu: - Jangan jadi orang pertama pencetus kelesuan! - Lakukan hal-hal yang bisa memotivasi: Dengar musik yang bikin semangat, bersenandung, baca artikel motivasi, deket-deket sama orang yang antusias dan bersemangat.

Kabar baiknya, antusiasme juga menular Sob! Kalau kita semangat dan antusias... orang di sekitar juga bisa terkena efeknya.

4. Penyakit Omong Kasar

Nah, ini yang parah banget dan saat ini sudah merajalela di mana-mana. Ngomong kasar, jorok, dan hina adalah penyakit yang gampang menginfeksi terutama orang gak beriman Sob...

Mulai dari ucapan makian, menyebut berbagai nama binatang seolah lagi absen kebon binatang, bahkan mengucapkan hal yang vulgar. Seakan-akan omongan jorok itu membuktikan keberanian, kehebatan, dan nge-trend.

Padahal siih... omongan kasar justru memperlihatkan diri sendiri ga punya iman. Bukankah salah satu bukti beriman adalah meninggalkan ucapan yang sia-sia? Jadi kalau kita terlanjur ketuleran omong kasar, segera perbaiki:

- Delete kata-kata kasar di otak kita, bahkan sampai yang kadar kasarnya paling rendah sekalipun; kata bego diganti jadi kurang pintar. Kata sialan diganti jadi kurang asem. Kayak gitu deh contohnya. - Rem tiap kali kelepasan omong kasar dan ganti dengan yang kadar kasarnya lebih rendah. Misal: "Dasar loo AN...cur!" "Gue lagi kesel BRENG...jreng!" Nah, malah seru kan? - Omongan kasar itu bukan sesuatu yang wajar, dan juga menular! Apalagi kalo ada anak kecil di sekitar, jadi... jangan sampai kita membiasakan diri dengan ucapan yang kasar, vulgar, cuma memperlihatkan diri kita kurang diajar.

Okeh, moga penyakit menularnya tidak menginfeksi diri kita yah Sob. Kalaupun udah, yuk bareng-bareng kita sembuhin. Selamat hidup sehat lahir batin...

Wassalaam


Artikel Sebelumnya :

Untitled Document