Awas Gigi Putih Tak Selalu berarti Sehat

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida,  seperti yang sudah terdengar dan digaungkan dimana-mana bahwa gigi yang sehat adalah gigi yang putih. Hal ini dapat dilihat terutama oleh gigi para artis yang putih bersinar bin kinclong. Tentunya hasil itu didapat bukan hanya dari perawatan yang biasa, bahkan ada yang sampai melakukan bleaching gigi dan menghabiskan dana puluhan juta.


Faktanya terdapat kategori putih untuk ukuran sehat ini Sob. Gigi putih yang sangat terang benderang bak lampu neon bukanlah gigi yang diidentifikasikan sebagai gigi sehat. Umumnya putih gading atau putih kekuningan adalah ciri umum gigi sehat.


Dilansir dari helathdetik (dot)com,  pada  wawancaranya dengan praktisi kesehatan dari Klinik HHDC Thamrin City, drg Rachel Sifra gigi memiliki 3 lapisan. Dari yang paling luar adalah lapisan email, lapisan dentin, dan lapisan saraf. Email yang merupakan lapisan terluar memiliki warna kekuningan.


"Gigi yang sehat harusnya berwarna putih kekuningan seperti gading. Gigi yang terlalu putih berarti lapisan emailnya terlalu tipis," terang dokter Rachel.


Keinginan memutihkan gigi tetap diperbolehkan. Namun tidak asal membeli produk tawaran dan jika ingin melakukan proses pemutihan dilakukan secara tepat. "Konsultasikan dengan dokter gigi, dan jangan membeli pemutih sembarangan," pesannya.


Dari berbagai sumber juga dijelaskan bahwa kuman penyebab masalah gigi tak berwarna. Bahkan tumpukan kuman seringkali sulit dilihat oleh mata. Seperti halnya plak.  


Hal lain yang terjadi adalah kuman  atau baktei perusak gigi tak hanya bersarang di gigi namun bisa berada di air liur.


Efek yang ditimbulkan ialah dapat terjadi radang gusi atau copotnya gigi putih tanpa alasan Sob.


Maka usahakan terus merawat gigi dengan menggosoknya secara teratur, menggunakan obat kumur dan rutin memeriksakan gigi ke dokter 6 bulan sekali.


Semoga bermanfaat!

 

Referensi: dari berbagai Sumber

Nurul Aprillianti


Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...