Awas Memegang Mouse yang Salah Bisa Membuat Tangan Cedera

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Bagi Sobat Nida yang sering beraktivitas menggunakan komputer atau laptop yang juga menggunakan mouse, berhati-hatilah ketika salah dalam memegang mouse. Ternyata hal ini bisa mengakibatkan cedera, lho.

Beberapa dari Sobat Nida mungkin pernah mengalami mati rasa atau kesemutan saat memegang mouse, khususnya pada ibu jari, tengah, telunjuk, atau separuh sisi luar jari manis, bisa jadi itu merupakan tanda dari penyakit Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Carpal tunnel syndrome merupakan kondisi yang menyebabkan jari tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Carpal tunnel atau lorong-lorong sempit pada pergelangan tangan dengan ujung terbuka di telapak tangan. Lorong ini dikelilingi oleh tulang-tulang pergelangan tangan di bagian bawah dan jaringan ikat atau ligamen, yang melintang di atasnya. Saraf median berjalan melalui lorong ini untuk memberikan sensasi perasa atau sentuhan pada telapak ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah dari jari manis. Selain itu, saraf median juga memberikan tenaga pada otot tangan untuk menjepit atau mencubit benda oleh ibu jari dan ujung jari-jari lainnya. Bagian yang paling sering terpengaruh ialah ibu jari, jari tengah, dan telunjuk.

Ketika terjadi pembengkakan pada bagian saraf, tendon, atau bahkan keduanya, saraf median akan tertekan dan mengakibatkan kondisi carpal tunnel syndrome.

Selain mati rasa atau kesemutan, gejala lain dari penyakit ini ialah ibu jari melemah, adanya rasa sakit yang menjalar ke tangan atau lengan, serta rasa seperti tertusuk pada jari tangan.

Lalu, bagaimanakah cara memegang mouse yang benar?

1. Palm Grip
Palm Grip, yaitu ketika seluruh telapak tangan menempel ke permukaan mouse dan menggerakkannya dengan cara menggeser mouse maju mundur memakai sebagian besar lengan. Tipe grip ini biasanya senang memilih mouse tipe ergonomis (Ergonomic Mouse Design) karena lekukan mouse nyaman ketika dipeluk oleh telapak tangan. Palm grip paling banyak digemari dan tidak mudah membuat lelah ketika bermain dalam jangka waktu yang lama. Keunggulannya jelas ditujukan untuk soal kecepatan dan biasanya membutuhkan permukaan mousepad yang besar.

2. Claw Grip
Claw grip mempunyai presisi yang lebih tinggi dari palm grip. Biasanya pengguna agak kesusahan untuk menyesuaikan, karena banyak mouse ergonomic kurang pas ketika dipakai saat claw grip. Selain itu, tangan akan menjadi mudah lelah.

3. Fingertips Grip
Memegang mouse hanya dengan empat jari, penggunaan fingertips ini sangat agresif, cepat dan presisi. Tidak terlalu membutuhkan ruang banyak karena pergerakan mouse hanya memakai pergelangan tangan dan sebagian besar aktivitasnya dihabiskan untuk mengangkat mouse. Tipe fingertips sangat tidak cocok ketika menggunakan mouse ergonomic design, misalnya deathadder. Kemudian, juga membutuhkan mouse dengan lift distance paling pendek karena sering mengangkat mouse. Grip ini juga mudah membuat tangan lelah.

Itulah penjelasan mengenai penyakit cedera yang diakibatkan salah dalam memegang mouse, yaitu carpal tunnel syndrome, serta cara memegang mouse dengan baik dan benar.

Bagi kamu yang mengalami gejala CTS ringan, bisa diatasi dengan cara membalut pergelangan dengan papan kecil. Apabila metode pembalutan tangan ini kurang efektif, datanglah ke rumah sakit, dokter mungkin akan memberikan suntikan kortikosteroid langsung pada daerah yang sakit. Jika kedua hal ini tidak berhasil, prosedur operasi mungkin akan dilakukan.

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun ketika Sobat Nida bisa menghindari penyakit tersebut dengan membiasakan memegang mouse dengan cara yang benar, maka kamu akan terhindar dari risiko penyakit ini. Semoga bermanfaat! (Dina Nazhifah)

Sumber: alodokter(dot) com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...