Awas Terlalu Banyak Mengonsumsi Asupan Sehat Ini Dapat Berbahaya Bagi Tubuh

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida,  memiliki asupan 4 sehat  5 sempurna yang cukup memang selalu digaungkan agar kita menjadi orang yang cukup akan gizi dan sehat. Pada penerapannya harus cukup ya Sob, bukan berlebih.

 

Jangan sampai keinginan kita sehat yang tentunya serba cepat, ditambah dengan makanan yang kita kosumsi adalah kesukaaan menjadi acuan kita mengonsumsinya secara berlebih.

Beberapa asupan ini akan sangat sehat namun juga bisa sangat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebih. Berikut Nida menghimpun dari berbagai sumber.

1.      Air putih

Siapa sangka air putih yang jika kekuruangan air putih yang berlebih seperti dehidrasi akan memberikan efek kematian. Namun, terlalu banyak mengonsumsi air putih juga berbahaya  karena tanpa mempertimbangkan kadar natrium dan kalium di dalamnya akan membuat sel dalam darah menjadi lebih encer. Ini berarti sel-sel tidak akan berfungsi dengan baik karena mereka tidak mampu mengirimkan sinyal listrik Sob.

 

2.      Wortel

Siapa yang tak kenal wortel. Salah satu sumber vitamin C yang banyak bermanfaat terutama untuk mata. Namun, kondisinya akan jelas berbeda Sob. Mungkin tidak terlalu berbahaya. Efek yang dirasa adalah tubuh akan terlihat menguning. Seperti sakit kuning dan ini banyak terjadi lebih kepada anak-anak dan bayi karena betakaroten yang dimiliki wortel sebagai pemberi warna oranye akan larut dalam lemak. Jadi, tubuh akan menyimpannya untuk digunakan kemudian hari.

 

3.      Ikan tuna

Ikan tuna sangat tinggi manfaatnya karena kandungan nutrisi dan kandungan lain yang baik bagi tubuh. Namun, kelebihan mengonsumsinya akan berefek pada  gangguan pada pendengaran, bicara, pengelihatan, dan koordinasi otot yang melemah. Karena keracunan merkuri terlalu banyak yang terkandung dalam ikan tuna.

4.      Belimbing

Dikenal sebagai obat darah tinggi. Belimbing dalam jumlah banyak akan berefek sangat buruk  dengan gejalanya seperti muntah, cegukan, tekanan darah rendah, lemas, dan kejang. Hal yang lebih mengerikan adalah terjadinya gagal ginjal. Hal ini disebabkan karena belimbing berperan sebagai depresan pada sistem saraf pusat, seperti halnya alkohol.

5.      Bayam

Siapa yang tak suka sayur bayam kandungan nutrisi yang melimpah seperti protein, vitamin, mineral dan serat.  Tinggi lutein yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada mata. Namun, terdapat senyawa oksalat yang tinggi dimiliki oleh bayam. Zat ini yang menyebabkan pembentukan batu ginjal, untuk itu bagi penderita batu ginjal lebih baik menghindari sayuran yang satu ini.

Jadi, konsumsilah segala asupan dengan cukup ya Sob. Karena yang berlebihan tidak pernah berefek baik. Semoga bermanfaat!

 

Referensi : dari berbagai sumber

Foto ilustrasi : Google

Nurul Aprillianti

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...