Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, kopi merupakan salah satu minuman yang banyak digemari baik oleh kawula muda maupun tua. Minum kopi juga terkadang menjadi kebiasaan tersendiri saat pagi hari sebelum berangkat kerja atau memulai aktivitas. Adapula yang memiliki menu sarapan hanya dengan secangkir kopi. Disamping itu, tahukah bahwa meminum kopi saat perut kosong dapat menimbulkan efek bahaya bagi kesehatan? Berikut bahaya yang ditimbulkan akibat meminum kopi saat perut kosong.

1.  Asam lambung naik

Tahukah  bahwa kopi yang memiliki rasa pahit, mengandung asam. Ketika  meminum kopi disaat perut dalam kondisi kosong maka dapat meningkatkan kadar asam lambung. Selanjutnya, asam lambung yang memiliki sifat korosif dan dapat merusak lambung jika didiamkan tanpa diisi dengan makanan apapun. Lalu, asam lambung meningkat dan membuat perut terasa mual, pusing hingga dapat menyebabkan vertigo.

Dilansir dari Positive Med, mengatakan bahwa kadar asam lambung yang tinggi dapat mengakibatkan sejumlah masalah pencernaan, seperti radang perut, rasa panas dalam perut serta sindrom iritasi usus besar. Selain itu juga, kopi yang memiliki harga “murah” biasanya mengandung asam lebih tinggi.

2.  Mudah stress dan cemas

Perlu diketahui bahwa pada umumnya meminum kopi dapat menimbulkan kegelisahan, stres, dan juga termasuk perubahan suasana hati. Tingkat serotonin yakni hormon pemicu rasa tenang dan bahagia yang diproduksi otak pada dasarnya rendah sepanjang hari. Ketika  mengonsumsi kopi saat perut dalam keadaan kosong terlebih di pagi hari, maka efek negative tersebut dipercaya dapat lebih memburuk.

Selain itu, kafein dapat merangsang sistem saraf tubuh, hal ini dapat mengartikan terlalu banyak kopi yang dikonsumsi dapat mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Sehingga dengan begitu,  dapat lebih mudah merasa cemas dan stress. Disamping itu, makanan diketahui dapat memiliki efek menenangkan pencernaan dan sistem saraf. Oleh karenanya, makan sambil minum kopi dapat membantu menurunkan efek stress dan cemas yang dipicu oleh kopi.

3.  Merusak lapisan perut

Perlu diketahui bahwa meminum kopi saat perut kosong dapat menyebabkan shock berat pada sistem pencernaan. Selain itu pula, kopi yang mengandung asam tersebut akan dapat mengeluarkannya lebih banyak. Jumlah asam dalam kopi yang disekresikan secara berlebihan akan membuat abrasi pada lapisan perut dan dapat memicu terjadinya radang perut.

4.  Gangguan nutrisi

Meminum kopi saat perut dalam kedaan kosong juga dapat menimbulkan gangguan nutrisi yang berujung dapat memicu timbulnya penyakit serius pada tubuh. Terkait hal ini, dalam sebuah hasil studi Jepang, yang dilakukan di Yokohama City University School of Medicine menyatakan bahwa kopi menjadi penyebab atau fasilitas dari proses pengosongan lambung, baik itu kafein atau kopi yang tanpa kafein memiliki efek yang sama buruknya bagi kesehatan. Pada kafein, diketahui dapat berperan dalam mempercepat proses pengeluaran cairan dari dalam tubuh melalui kinerja ginjal sehingga akan lebih sering ke kamar mandi untuk membuang urine (buang air kecil). Dengan begitu, berarti tubuh tidak memiliki cukup waktu dalam menyerap mineral penting seperti seng, magnesium dan kalsium.

Oleh karena itu, terlalu sering mengonsumsi kopi saat perut dalam kedaan kosong dapat memicu kekurangan mineral magnesium yang dibutuhkan bagi tubuh. Sehingga, karena kurangnya mineral penting magnesium, secara tidak langsung dapat menjadi penyebab dari beberapa ganguan kesehatan atau penyakit serius seperti, kerusakan gigi, osteoporosis, infertilitas, nyeri kronis, migrain, kelelahan kronis, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, pembekuan darah, dan asma, hingga penyakit jantung.

5.  Menekan Produksi Hormon Kortisol

Selanjutnya,  bahaya yang dapat ditimbulkan karena meminum kopi saat perut sedang kosong terlebih pada pagi hari yakni terganggunya produksi kortisol, yang merupakan komponen penting dari jam sirkadian, yakni alarm alami tubuh yang membantu  bangun di pagi hari, dan membuat tubuh mengantuk di malam hari. Tahukah  bahwa pada pagi hari, otak melepaskan banyak produksi kortisol untuk membangunkan tubuh dari tidur.

Ketika  langsung meminum kopi setelah bangun tidur, dapat menyebabkan produksi kortisol menurun dan tubuh menjadi lebih bergantung pada kafein untuk membuat mata terjaga. Jika hal ini terus berlangsung untuk waktu yang lama maka ketergantungan tubuh akan kafein justru dapat menyebabkan tubuh kebal terhadap efek yang ditimbulkan kopi. (Fikriah NurJannah)

Sumber : halosehat(dot)com, hellosehat(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...