Beberapa Amalan Mempercepat Bertemu Jodoh

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sahabat, ketahuilah bahwa Allah akan membantu orang-orang yang ingin menikah untuk menjaga kesucian dirinya:

“Ada tiga orang yang wajib bagi Allah untuk menolongnya: Orang yang berperang di jalan Allah, budak yang ingin membebaskan dirinya, dan orang menikah yang ingin menjaga kesucian diri”. [HR. At-Tirmidziy (1655), An-Nasa’iy (3120 & 1655), Ibnu Majah (2518). Hadits hasan)

Oleh karena itu, ikhtiar yang kita lakukan untuk menuju pernikahan in syaa Allah akan bernilai kebaikan. Berikut ini beberapa amalan yang bisa dilakukan dan in syaa Allah bisa membantu mempercepat terpenuhinya hajat kita termasuk keinginan untuk menikah:

1. Berdoa di waktu mustajab

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku.” (QS. Al Baqarah: 186)

Berdoa adalah senjata orang beriman. Kalau untuk berdoa saja sudah malas, bagaimana dengan ikhtiar lainnya? Perbanyaklah berdoa, dan jangan asal berdoa... melainkan pilihlah waktu-waktu paling mustajab/ kemungkinan besar untuk dikabulkan.

Beberapa waktu mustajab yang bisa kita temukan setiap harinya:

# Di antara adzan dan iqomah
Dari Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah Shalallaahu 'alaihi Wassalam bersabda, “Doa antara adzan dan iqamah tidak ditolak, maka berdoalah kamu” (HR. Ahmad)

# Saat sujud dalam shalat
”Saat yang paling dekat dengan Tuhannya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah doa.” (HR. Muslim)

“Ketahuilah, aku dilarang untuk membaca al-Qur’an dalam keadaan ruku’ atau sujud. Adapun ruku’ maka agungkanlah Rabb azza wa jalla, sedangkan sujud, maka berusahalah bersungguh-sungguh dalam doa, sehingga layak dikabulkan untukmu.” (HR. Muslim no. 479)

# Di sepertiga malam terakhir
“Tuhan kita yang Maha Berkah dan Maha Tinggi turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir dan berfirman,“Barangsiapa berdoa kepada-Ku pasti Aku kabulkan, barangsiapa meminta kepada-Ku pasti Aku beri, dan barangsiapa yang memohon ampunan-Ku pasti Aku ampuni’”(HR.Bukhari)

Ingat, janganlah tergesa-gesa dalam berdoa: "Akan dikabulkan permintaan seseorang di antara kamu, selagi tidak tergesa-gesa, yaitu mengatakan : Saya telah berdoa tetapi belum dikabulkan”. [Shahih Al-Bukhari]


2. Meminta ridho orangtua
"Ridha Rabb terletak pada ridha kedua orang tua dan murka-Nya terletak pada kemurkaan keduanya.” (Riwayat Ath Thabarani, dishahihkan oleh Al Hafidz As Suyuthi)

Ada seorang Ustadz yang bahkan bersedia 'menunda' pernikahannya hingga 7 tahun karena diamanahkan oleh ibundanya untuk menyelesaikan kuliah hingga S2 terlebih dahulu.

3. Perbanyak Istighfar

Ini adalah kunci terkabulnya doa, datangnya rezeki, dan juga bertemunya jodoh. Istighfarlah sebanyak-banyaknya setiap hari, bahkan Rasulullah beristighfar minimal 100x sehari ketika sedang malas. Rasulullah yang sudah dijamin surga saja masih beristighfar minimal 100x, bagaimana dengan kita?

“Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak seratus kali.” (HR. Muslim no. 2702).

Ketahuilah, sering kali Allah sudah mengabulkan doa kita di langit sana, akan tetapi begitu sampai di bumi, doa tersebut terhalang oleh dosa-dosa yang begitu banyak kita perbuat, maka... istighfar sebanyak-banyaknya agar bersih hati kita sehingga doa yang telah Allah kabulkan tersebut segera bisa mewujud karena tidak lagi terhalang dosa. Perhatikan ayat berikut:

"Mohonlah ampun kepada Tuhanmu (istighfar), sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun,  niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.  Mengapa kamu tidak percaya akan kebesaran Allah?" (QS Nuh, 71:10-13)

4. Perbaiki shalat

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah Shalat pada waktunya, Berbakti kepada kedua orang tua, dan Jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari & Muslim)

Perlu kita ingat bahwa shalat merupakan waktu yang tepat untuk 'meminta segala hajat' pada Allah. Orang yang benar shalatnya, tidak akan memiliki masalah berkepanjangan. Ketika ada masalah di waktu Shubuh, maka masalahnya itu akan tuntas begitu waktu Dzuhur. Kalau ada masalah di waktu dzuhur, maka sudah selesai di waktu Ashar. Karena shalat yang benar akan menyelesaikan segala permasalahan hidup kita. 

Yuk, kita benahi shalat... Shalat di awal waktu, sempurnakan wudhu, sempurnakan gerakan shalat, sempurnakan tuma'ninah, jangan tergesa-gesa ketika shalat.

5. Jauhi maksiat

Terakhir, bukan berbentuk amalan, melainkan penolakan diri kita untuk melakukan maksiat. Beberapa maksiat yang harus dihindari:

# Jauhi makanan haram
“Seorang laki-laki yang lusuh lagi kumal karena lama bepergian mengangkat kedua tanganya ke langit tinggi-tinggi dan berdoa : Ya Rabbi, ya Rabbi, sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan dagingnya tumbuh dari yang haram, maka bagaimana doanya bisa terkabulkan.?” [Shahih Muslim]

#Jauhi zina

"Telah ditentukan atas anak Adam (manusia) bagian zinanya yang tidak dapat dihindarinya : Zina kedua mata adalah melihat, zina kedua telinga adalah mendengar, zina lisan adalah berbicara, zina tangan adalah dengan meraba atau memegang (wanita yang bukan mahram, Pen.), zina kaki adalah melangkah, dan zina hati adalah menginginkan dan berangan-angan, lalu semua itu dibenarkan (direalisasikan) atau didustakan (tidak direalisasikan) oleh kemaluannya." (HR. Bukhari Muslim)
 
Foto ilustrasi : Google 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...