Beberapa Kebiasaan yang Harus Dihindari agar Gigi Tidak Mudah Rusak

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, gigi yang sehat, indah dan terawat merupakan sesuatu yang didambakan oleh semua orang. Namun sayangnya banyak orang yang tidak sadar bahwa melakukan hal-hal tertentu dapat membuat gigi kita rusak dan kesehatan mulut pun terganggu. Padahal banyak penyakit yang bisa timbul karena kurangnya kesadaran menjaga kebersihan mulutnya.

Selain merokok, ada lagi beberapa hal yang sebaiknya dihindari agar gigi tidak cepat rusak. Berikut diantaranya:
1. Kesalahan dalam menyikat gigi

Nggak cuma pemilihan sikat gigi yang sesuai aja yang penting Sob. Menyikat gigi juga harus dilakukan secara tepat, kalau enggak gigi malah bisa cepet rusak.

Sikatlah gigi dengan sikat yang bulunya lembut dengan gerakan secara melingkar, bukan hanya menyikat secara horizontal. Perhatikan juga sudut-sudut yang tak terjangkau oleh sikat gigi, agar tidak ada sisa makanan yang mengendap.

Selain itu, jangan menyikat gigi terlalu cepat atau terlalu lama. Yang jelas, pastikan bahwa gigi sudah benar-benar bersih.

2. Menggunakan gigi untuk membuka sesuatu

Kebiasaan yang masih sering dilakukan oleh beberapa orang adalah menjadikan gigi sebagai alat untuk membuka sesuatu. Misalkan membuka bungkus snack. Bahkan ada juga yang menggunakan gigi untuk membuka tutup botol.

Tentu saja hal ini dapat membuat gigi cepat rusak. Karena sering digunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya.

3. Mengonsumsi makanan dan minuman kemasan berlebihan

Nah, buat yang gemar nyemil, harus waspada nih. Sebab berbagai macam bakteri bisa masuk ke mulut melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi. Makan camilan memang enak, tapi kalau nggak pandai-pandai menjaga kebersihan mulut, yang ada gigi kita jadi cepet rusak.

Ada baiknya setelah makan camilan jangan langsung tidur. Gosok gigi dulu. Kalau siang hari, bisalah dengan berkumur atau makan permen karet.

4. Mengunyah es batu

Beberapa orang memang ada yang gemar mengunyah es batu. Meskipun terlihat sepele, tapi kebiasaan ini dapat merusak gigi. Sebab gigi tidak memiliki kekuatan untuk menghancurkan es batu yang bertekstur keras dan dingin. Sehingga gigi bisa retak dan menyebabkan sakit gigi.

5. Mengisap lemon

Lemon memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi, lemon juga memiliki kandungan keasaman yang sangat tinggi. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

Itu dia beberapa kebiasaan yang bisa merusak gigi. Mulai sekarang, harus lebih peduli sama kesehatan gigi sendiri ya Sob. Nggak mau kan, masih muda tapi udah ompong? Hehehe

Semoga bermanfaat.

Sumber: Berbagai sumber

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...