Begini Cara Mengenali Karakter Calon Pasangan Hidupmu

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, pastinya pengen dong nikah sama orang yang baik? Salah satu caranya yaa dengan berta'aruf dan menanyakan karakter si fulan/fulanah kepada orang terdekatnya.

Tapi awas Sob... jangan buru-buru percaya kata orang lain, "Wah, si fulan baik looh, si fulanah wuih baik banget." Terus kamu langsung percaya aja, jangan ya Sob!

Karena nyatanya, harus ada ukuran standar... siapa saja sih yang bisa dipercaya untuk menyebut seseorang itu baik apa tidak. Mari belajar hal ini dari Umar bin Khatthab:

"Satu hari ketika seseorang memuji kawannya dalam persaksian sebagai orang baik, ‘Umar bertanya padanya, "Apakah engkau pernah memiliki hubungan dagang atau hutang piutang dengannya, sehingga engkau mengetahui sifat jujur dan amanahnya?”
”Belum.” jawabnya ragu.
Pernahkah engkau,” cecar Umar, "Berselisih perkara dan bertengkar hebat dengannya sehingga tahu bahwa dia tidak fajir dalam berbantahan ?”
”Ehm, juga belum…”
Pernahkah engkau bepergian dengannya selama 10 hari sehingga telah habis kesabarannya untuk berpura-pura lalu kamu mengenali watak-watak aslinya ?”
”Itu juga belum. “
Kalau begitu pergilah kau, hai hamba Allah. Demi Allah kau sama sekali tidak mengenalnya!”

Wuidih Sob, ternyata seseorang dianggap telah mengenal orang lain kalau pernah berurusan 3 hal dengannya:

1. Urusan duit

Kalau pernah berurusan bisnis bareng, atau terlibat utang-piutang, dan muamalah sejenisnya, kita baru bisa melihat karakter asli seseorang.

Ada kan tipe orang yang kelihatannya baik, ternyata begitu ngutang... nggak bayar-bayar, kalau ditagih ngeles terus. Atau, begitu berbisnis bareng, ternyata hobinya meras tenaga orang lain tapi hak-hak orang lain diabaikan.
 
So, mau kenal calon pasangan hidupmu dengan sebenar-benarnya? Tanyain aja gimana karakter calonmu itu di mata orang yang pernah berurusan bisnis atau masalah duit dengannya.

2. Berperjalanan bareng/ mabit dalam waktu yang cukup lama
Orang baru disebut telah mengenal orang lain kalau pernah berperjalanan bareng atau mabit/menginap bersama. Karena akan kelihatan apakah orangnya aslinya jorok, tukang ngorok, bau badan, mandi kelamaan, pemalas, dan lain sebagainya. 
Kalaupun seseorang berpura-pura baik, dia tidak akan betah terus berpura-pura baik dalam waktu yang lama kan?

3. Berselisih pendapat

Ada kan orang yang kelihatan sifat arogannya begitu berselisih pendapat dengan orang lain, atau ada juga orang yang tetep kalem dan santai meskipun berbeda pendapat dengan yang lain.

Coba deh tanya sifat calon pasanganmu dari orang yang pernah berselisih pendapat dengannya. Kamu akan mendapat gambaran sebenarnya apakah karakternya asli baik atau tidak.
 
Foto ilustrasi: google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...