Benarkah Makan Mie Instan Membuat Perut Buncit?

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Siapa yang tidak suka mie instan? Pastinya banyak dari Sobat Nida yang menyukai mie instan. Rasa yang enak, pembuatan yang mudah, dan harga yang murah meriah tentu menjadi nilai tambah yang membuat makanan yang satu ini begitu menggiurkan. Saking begitu disukainya, banyak orang yang mengonsumsi mie instan tanpa memperhatikan terlebih dulu apa saja efek buruknya bagi kesehatan.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa salah satu efek buruk bagi tubuh ialah menyebabkan perut buncit. Tapi, apakah hal itu benar? Berikut penjelasannya.

Dilansir dari laman dokita(dot)co, mie instan memang tidak secara otomatis menyebabkan seseorang langsung menjadi gemuk atau perut membuncit jika dikonsumsi dengan batas yang normal dan tidak terlalu berlebihan.

Mengingat bahwa mie instan termasuk salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan glikemik tinggi, di mana indeks glikemik bisa menyebabkan perubahan zat gula pada tubuh cepat diubah dan disimpan dalam penyimpanannya hingga menjadi timbunan lemak yang akhirnya akan menyebabkan kegemukan dan juga perut membuncit. Tetapi, jika seseorang mengonsumsi mie instan dengan kadar yang sesuai, yaitu hanya sebatas tak lebih dari tiga kali dalam seminggu dan tetap melakukan aktivitas yang tinggi setelah mengonsumsi mie instan, tentu saja tidak akan menjadikan lemak tertimbun dan tidak menjadikan perut membuncit.

Sobat Nida, ketika mengonsumsi mie instan, perhatikanlah kandungan kalori tersebut. Kandungan kalori pada mie instan ialah 350 Kkal. Jika dibandingkan dengan bahan makanan lain, satu bungkus mie instan sama halnya dengan mengonsumsi tujuh buah pisang atau setara dengan dengan empat lembar roti tawar. Satu bungkus mie instan juga sebanding dengan lima hingga enam sendok nasi ditambah sayur dan juga lauk. Hal inilah yang menyebabkan seseorang yang terlalu sering mengonsumsi mie instan akan membuat gemuk dan perut membuncit.

Jika dilihat dari segi komposisi, mie instan bisa menjadi faktor penyebab bertambahnya berat badan dan perut membuncit setelah mengonsumsi mie instan. Mie instan memiliki bahan utama berupa tepung, yang mudah diserap tubuh dan dapat menimbulkan kalori berlebih dan lemak yang menumpuk. Jadi, jika mengonsumsi mie instan secara tidak terkontrol, perut buncit memang akan menjadi salah satu akibat yang bisa saja timbul.

Bagi Sobat Nida yang sering mengonsumsi mie instan dengan nasi, Atin Supriatin, Ahli Gizi dari My Meal Catering menyarankan bahwa hindarilah mengonsumsi dua makanan tersebut secara bersamaan karena kandungan indeks glikemik pada mie juga dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. Jika tak bisa meninggalkan nasi dan tak ingin asupan karbohidrat meningkat, mie instan bisa dikonsumsi dua kali dalam seminggu sebagai menu utama yang tidak disajikan juga dengan sumber karbohidrat lainnya seperti kentang atau nasi.

Sobat Nida, hindarilah mengonsumsi mie instan terlalu sering agar tidak menyebabkan perut membuncit. Kamu juga bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga. Oleh karena itu, marilah kita hidup sehat agar perut tetap terjaga dan tidak membuncit! (Dina Nazhifah)

Sumber: dokita(dot)co dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...