Benarkah Mengkonsumsi Mie Instan Menyebabkan Sakit Typus

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, Typus merupakan penyakit yang sangat sering ditemui dan dapat menyerang siapapun tanpa mengenal usia. Penyakit typus disebabkan oleh bakteri salmonella thypi. Banyak faktor yang menyebabkan timbulkannya sakit typus salah satunya adalah makanan. Mie instan sering disebut-sebut sebagai salah satu makanan penyebab sakit typus. Lalu benarkah hal itu?

Perlu diketahui Sobat Nida bahwa mengkonsumsi mie instan tidak berpengaruh pada penyebab penyakit typus. Penyebab penyakit typus murni karena bakteri salmonella thypi dan daya tahan tubuh yang rendah. Segala makanan dan minuman yang tidak higienis dan telah terkontaminasi bakteri salmonella thypi merupakan faktor utama penyebab seseorang terkena penyakit typus.

Selain itu, air yang mengandung baketri salmonella thypi dan digunakan pada sayuran, seafood atau makanan dan minuman itulah yang juga menyebabkan penyakit ini timbul. Meski begitu sesorang yang memiliki kekebalan tubuh yang bagus tidak semerta-merta langsung jatuh sakit. Hal ini dapat terjadi pada sesorang memiliki kekebalan tubuh yang rendah. Lalu terkait hal ini, apakah hubunganya dengan mie instan?

Mie instan memiliki kandungan tidak berserat yang sangat tidak menyehatkan bagi usus. Sementara penyakit typus menyerang bagian pencernaan tubuh yakni usus halus, yang apabila dibiarkan akan mengiritasi usus tersebut. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang tidak berserat seperti mie instan, usus akan kesulitan untuk bekerja, apabila disaat yang bersamaan virus salmonella thypi juga telah menyerang usus, maka penyakit typus ini dapat timbul atau kambuh.

Oleh karena itu Sobat Nida, perlunya menjaga kebersihan lingkungan dan pola makan sangat penting dalam mencegah penyakit ini. Perhatikan kandungan makanan dan menjaga kondisi tubuh agar selalu fit merupakan upaya yang dapat mencegah penyakit ini. Mengkonsumsi mie masih diperbolehkan asal tidak dikonsumsi terlalu sering, dan yang pasti tambahkan bahan makanan berprotein seperti daging, ayam atau telur serta sayuran berserat agar nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi. (Fikriah NurJannah)

Sumber : Aladokter(dot)com, ubloger(Dot)Com dan berbagai sumber
Ilustrasi: google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...