Benarkah Terumbu Karang Bisa Rusak Karena Kapal Salah Parkir?

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, tahu nggak kalau ternyata terumbu karang bisa rusak akibat kesalahan kapal saat 'parkir'?

Sebuah kapal pesiar Inggris Caledonian Sky pernah menghancurkan terumbu karang di kawasan Raja Ampat Provinsi Papua Barat ketika menjemput para wisatawan awal tahun 2017 silam, kapal seberat 4290 ton ini malah terjebak air laut surut sehingga merusak terumbu karang seluas 19 ribu kilometer persegi.

Perusahaan Noble Caledonia harus membayar kompensasi sebesar US$1,28 juta hingga US$1,92 juta untuk memulihkan kondisi Raja Ampat.

Kerusakan terumbu karang juga terjadi di Karimunjawa akibat adanya kapal-kapal tongkang yang bersandar, menyebabkan kerusakan di kedalaman sekitar 2 meter dari permukaan laut.

Perlu diketahui Sob, diperlukan waktu bertahun-tahun antara 10-100 tahun untuk menumbuhkan kembali terumbu karang yang telah rusak. Padahal terumbu karang tidak hanya berfungsi untuk menarik wisatawan bawah laut karena keindahannya, tapi juga menjadi tempat hidup bagi banyak biota laut. 

Terumbu karang juga mampu memperkecil energi ombak yang menuju ke daratan. Energi ini kemudian diperkecil lagi dengan adanya padang lamun dan hutan bakau (mangrove). Sehingga ombak tidak merusak pantai atau menyebabkan pengikisan pantai. Dan ekosistem di pantai pun dapat terlindungi.

So, sedih banget kan kalau terumbu karang yang banyak sekali manfaatnya ini rusak dalam hitungan menit hanya karena kesalahan kapal saat bersandar alias parkir? Semoga makin banyak yang peduli akan pelestarian terumbu karang di Indonesia.
 
Foto ilustrasi : sumber national geographic

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...