Berkarib Dengan Takdir

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Assalaamu'alaikum wr. wb.
 

Sobat Nida... kalo ditimpa takdir baik, so pasti kita senang bukan kepalang, ya? Tapi kalo ditimpa takdir yang kurang bahkan nggak baik versi manusia, duh, rasanya tuh sebeeel banget! Ya karena ditinggal mati orang tercinta, menderita penyakit yang nggak kunjung sembuh, atau kehilangan harta benda. Susah banget deh nerimanya. "Kenapa mesti gue sih yang mengalami ini? Kenapa hidup gue semenderita ini sih? Hidup ini nggak adil, Tuhan!" dllsb tudingan-tudingan manusia.

Tapi, Sob, bukankah hidup itu pilihan? Faalhamaha fujuroha wa taqwaha. Atas segala yang menimpa kita, Allah sudah bentangkan dua jalan: jalan taqwa dan jalan dosa. So... kenapa nggak kita pilih jalan taqwa saat takdir kurang baik menimpa kita? Kita sucikan jiwa biar dapat cap sebagai orang yang beruntung dari Allah langsung.

Nah... gimana sih menuju jalan taqwa kala musibah/takdir kurang baik melanda? Ini diaaa!

1. Yakin bahwa semua yang menimpa kita adalah terbaik dari-Nya.
Iya Nida tau, ini tuh susah banget. Di saat yang lain menghabiskan masa mudanya dengan mencari pengalaman baru, kita diuji dengan dititipkan orang tua yang sudah uzur. Di saat yang lain memuja-muji kecantikan dan ketampanan diri, kita malah diuji dengan kulit yang nggak mulus. Di saat yang lain bisa kesana kemari dengan lincahnya, kondisi tubuh kita nggak memungkinkan. Di saat yang lain punya orang tua kaya raya, orang tua kita untuk membiayai anaknya kuliah aja susah. Hiks.

Apa Allah nggak adil? No no no! Allah Maha Mengetahui segala sesuatu, yang bathin,maupun yang zohir, Sob. Sementara manusia nggak pernah tau apa yang ada di depannya. Jadi... yang ada pada kita sekarang, adalah yang terbaik dari Allah. Yakin!

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui” [QS Al-Baqoroh:216] 

2. Banyak berdoa
"Doa adalah senjatanya orang beriman." [HR. Al Hakim]

Kalo kata Ibnu Qayyim: "Jika perisai doamu lebih kuat dari musibah, ia akan menolaknya. Tetapi jika musibah lebih kuat dari perisai doamu maka ia akan menimpamu. Namun sedikitnya tetap akan mengurangi efek-nya. Adapun jika perisai doamu seimbang dengan

kekuatan musibah, maka keduanya akan bertarung."

Daripada ngeluh terus menerus yang nggak jelas juntrungannya en nggak bawa kebaikan dunia akhirat juga, mending perbanyak doa. Dengan izin Allah, musibah yang kita hadapi akan hilang tersebab doa-doa yang kita panjatkan. Yakin!

3. Dzikrullah
Semua pasti hafal dengan ayat Qur'an yang berbunyi: Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.

Musibah/takdir kurang baik, semakin kita fikirin, seringnya semakin stress lah kita dibuatnya. Mending dikembaliin ke Allah, yang kepada-Nya kembali tiap urusan. Banyak-banyak mengingat Dia, insyaa Allah semakin tinggi derajat kita di sisi-Nya. Makin sehat, bugar, dan bersemangat pulalah jiwa ini.

Bukankah kata Reihan, selangkah manusia merapat kepada Allah, seribu langkah Dia akan merapat pada kita? ^_^

4. Banyak baca buku 
Noted: bukunya buku yang bermanfaat, ya? Terutama banget buku agama.

Yakin deh, banyak dari kita yang di kala sehat/jaya tuh kurang aware sama agamanya sendiri. Asal sudah sholat merasa cukup. Padahal ilmu Islam tuh luaaas banget! Saat kita tertimpa musibah, kenapa enggak perbanyak baca buku yang akan membawa kita rihlah ke masa-masa kejayaan Islam. Cari tau gimana keseharian para sahabat Rasul, atau cari tau gimana ibadah yang benar, pokoknya cari tau segalanya tentang Islam.

Banyak lho... tokoh-tokoh hebat yang bahkan di dalam penjara pun mereka ditemani oleh buku yang bertumpuk-tumpuk. Hingga banyak juga karya monumental yang lahir dari balik penjara.

“Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” [Moh. Hatta] 

Intinya sih Sob, kita nggak bisa mengubah takdir yang sudah terjadi. Karena itu adalah pilihan dari Allah untuk tiap hamba-Nya. Tapi ingat, kita masih bisa merubah takdir yang belum terjadi di depan sana. Okeee! ^_^

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...