Bersedekah Baik Dalam Keadaan Lapang Maupun Sempit

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sedekah adalah sebuah amalan yang dianjurkan di dalam Islam. Selain dapat menyucikan harta dan jiwa seseorang, sedekah juga dapat dijadikan sebagai sarana belajar bagi umat muslim untuk dapat saling berbagi terhadap saudaranya.

Nggak cuma saat sedang dalam keadaan lapang, tetapi kita juga dianjurkan bersedekah meskipun dalam keadaan sempit, Sob.

Namun faktanya, tidak sedikit pula umat muslim yang masih enggan untuk bersedekah karena masih takut hartanya berkurang. Padahal rumus sedekah nggak gitu ya Sob. Kalau Allah udah janji bakal nambah rezeki ketika kita bersedekah, ya pasti bakal Allah tambah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda: "Bersedekahlah kamu dan jangan menghitung-hitung, karena Allah akan menghitung-hitung pula pemberian-Nya kepadamu." (HR Muslim)

Lagian, ngapain sih kita pelit, kikir, bakhil? Harta nggak bakal dibawa mati kali ... Ya nggak, Sob?

Makanya, orang yang mau dan mampu bersedekah itu bukan cuma orang-orang yang kaya harta aja. Tetapi lebih kepada mereka, orang-orang yang kaya hatinya. Sehingga buat ngeluarin hartanya di jalan, udah nggak banyak mikir lagi.

Dari Abu Hurairah ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Perumpamaan orang yang bakhil dan orang yang menafkahkan hartanya bagaikan dua orang yang memakai baju besi, tetapi baju besi itu hanya menutupi buah dadanya hingga tulang selangkanya. Adapun baju besi yang dipakai oleh orang yang bersedekah, setiap kali ia bersedekah maka baju besinya akan melonggar sehingga akhirnya menutupi seluruh badan hingga jari-jari kakinya, bahkan dapat menghapus bekas jejak kakinya. Sedangkan jubah besi yang dipakai oleh orang yang bakhil, maka setiap kali ia menolak untuk menafkahkan hartanya, niscaya baju besi itu akan menyempit sehingga menempel ketat di kulitnya." Abu Hurairah berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Setiap kali ia berusaha untuk melonggarkannya, maka ia tidak mampu melonggarkannya."

Na'udzubillah ya Sob. Semoga kita termasuk orang-orang yang mau bersedekah. Dan dengannya, semoga sedekah yang kita keluarkan mampu bermanfaat serta menjadi penggugur dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...