Cara Alami Atasi Hidung Tersumbat

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, hidung mampet atau tersumbat adalah hal yang cukup mengganggu bukan? Selain sulit bernafas, membaui makanan atau sesuatu yang kita inginkan pun menjadi  kebas tak terasa. Hal ini biasa yerjadi karena flu, alergi ataupun sinusitis.  

Beberapa bahan di bawah ini dapat menjadi alternatif Sobat Nida untuk atasi hidung mampet lho. Berikut Nida menghimpun dari berbagai sumber.

1.    Air Putih

Sob, sudah menjadi rahasia umum bahwa air putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Nah hal ini berlaku juga untuk kita agar tak terserang hidung mampet. Usahakan mendapat cukup asupan air setiap hari agar terhindar dari bahaya dehidrasi. Saat kita terhidrasi, maka tubuh pun akan selalu segar dan bugar sehingga jauh dari masalah hidung mampet juga.

2.    Teh herbal

teh herbal dapat digunakan untuk melegakan hidung yang mampet. Obat herbal selalu lebih terpercaya dan tentunya aman tanpa efek samping. Jadi, tak ada salahnya untuk meminum teh peppermint, rosemary, atau kamomil. Yang yang juga cukup baik untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh ini dapat diminum 2-3 kali setiap harinya sampai hidung lekas membaik.

3.    Air garam

Sesendok garam dapat diracik dengan segelas air hangat. Namun, tidak untuk diminum ya Sob. Air garam ini digunakan untuk meredakan mampet dengan cara dikumur. Ketika kita flu dan batuk, obat ini bisa diandalkan karena mampu melegakan penyumbatan di dalam saluran pernapasan sekaligus mengalirkan lendir yang sempat membeku atau menggumpal di dalam hidung.

 

Baca juga: Cara Atasi Sakit Flu Tanpa Obat

 

4.    Lada hitam

lada hitam siap membantu agar hidung tak mampet lagi. Kita bisa menggunakan sedikit lada hitam yang dicampur dengan 3 tetes minyak wijen. Setelah kedua bahan tercampur, Sob dapat mengoleskan campuran ini dengan jari pada area bawah hidung. Aromanya memang kuat dan malah akan membuat kita bersin, tapi tak masalah karena setelah itu kita akan merasakan kelegaan.

5.    Sup ayam

Makanan ini sudah jadi perbincangan hangat sebagai perda penyakit flu.  1 mangkuk sup ayam yang masih dalam kondisi hangat mampu menjadikan hidung Anda yang tersumbat kembali lega. Ini karena di dalam sup ayam ada sistein yang dapat membantu mengalirkan atau mencairkan lendir yang kental dan menggumpal di dalam hidung.

6.    Bawang Putih

Untuk atasi hidung mampet, bawang putih merupakan salah satu yang bisa diandalkan berkat antijamur dan antiviral di dalamnya. Rebus saja 2-3 siung bawang putih di dalam secangkir air yang kemudian dicampur bersama 1 ½ sendok teh bubuk kunyit. Minumlah setiap hari sampai penyumbatan pada hidung lega.

7.    Madu

Bahan alami dan nan mudah racikannya ini juga dapat menjadi opsi kita Sob. Pastikan dahulu bahwa madu yang digunakan madu asli/murni ya. Siapkan terlebih dahulu segelas air hangat kemudian ditambahkan dengan madu murni/asli sebanyak 2 sendok teh. Campurkan sampai rata dan minumlah setiap hari sampai kondisi hidung tak lagi mampet.

8.    Jahe

Rempah yang sangat ampuh untuk atasi batuk ini juga dapat dicoba untuk atasi mampet Sob. Caranya dengan membuat racikan teh jahe, supaya hasilnya lebih maksimal, kita bisa menambahkan lemon dan madu pada teh jahe. Membuat teh jahe sangat mudah, cukup dengan parutan jahe dimasukkan ke dalam segelas air panas lalu tunggu sebentar, dan kita pun dapat meminumnya selagi hangat.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat Sob!

Referensi : dari berbagai sumber

Foto ilustrasi: google

Nurul Aprillianti

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...