Cara Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Tahu nggak, Sob? Memaafkan itu sebenarnya mudah lho... Sayangnya, banyak yang mental block menganggap memaafkan sebagai hal yang sulit, bahkan mustahil dilakukan. 

Mau tahu cara mudah memaafkan kesalahan orang lain?

1. Ingat-ingat betapa banyak kesalahanmu pada Allah, coba dibarter dengan memaafkan kesalahan orang lain!

"Yaa Allah, kesalahan hamba banyak sekali, pernah durhaka sama ortu, sering ghibah orang, masih terlibat riya', suka zina hati dan mata, dllsb... Maka, hamba maafkan kesalahan fulan/fulanah agar Engkau mengampuni dosa-dosa hamba, perkenankan yaa Robb..."

Simaklah firman Allah berikut ini:

"Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang.” (At-Taghabun: 14)

Maafkanlah kesalahan orang lain dengan membayangkan bahwa Allah akan menghapus pula kesalahanmu. 

2. Sadari bahwa menyimpan dendam itu sama seperti menenggak racun, mau?

Dendam yang disimpan dalam hati bisa merusak kesehatan tubuh kita bukan? Jadi buat apa dipelihara?

Memaafkan justru akan lebih menyehatkan jiwa dan raga. Moga jadi lebih enteng memaafkan kesalahan orang ya Sob...

3. Sebelum bisa menerima masa lalu dengan sempurna, kamu takkan bisa memperoleh masa depan yang cemerlang

Orang-orang yang masa depannya bersinar biasanya adalah orang yang mudah move on, dan ringan memaafkan kesalahan orang lain. Sebaliknya, orang yang gemar mendendam, menyalahkan masa lalu dan orang lain, maka hidupnya sukar merasa bahagia, sehingga masa depannya pun suram. 

4. Janji surga Allah

Orang yang mudah memaafkan kesalahan orang lain kelak akan mendapat pintu khusus di surga Allah. Bukankah ada seorang sahabat yang selalu Rasulullah klaim sebagai ahli surga padahal amalannya biasa-biasa saja? Ternyata ketika diselidiki, ia adalah seorang pemaaf... Yang tidak pernah menyimpan kebencian dan amarah setiap harinya. Ia selalu memaafkan kesalahan orang lain setiap menjelang tidur malam.

Gimana Sob? Masih ngerasa susah memaafkan? Memang nggak bisa langsung serta-merta, diperlukan proses dan pembiasaan diri agar menjadi seorang pemaaf. Tapi setidaknya, dicoba yuk, coba tuliskan beberapa nama orang yang kamu benci, tuliskan kesalahannya, dan... Maafkanlah! 

Selamat berlatih!

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...