Disunnahkan Memotong Hewan Kurban Sendiri

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sebentar lagi kita akan merayakan Idul Kurban nih. Salah satu amalan yang disyariatkan dan paling utama untuk dilakukan pada bulan ini adalah ibadah kurban.

Allah SWT berfirman:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ 

"Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)." (QS. Al-Kausar [108] : 2)

Meskipun ada perbedaaan pendapat ulama tentang hukum berkurban apakah wajib atau tidak, yang jelas perintah berkurban ini sangat ditekankan bagi mereka yang sudah mampu.

مَنْ وَجَدَ سَعَةً وَلَمْ يُضَحِّ فَلاَ يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

"Barangsiapa memiliki kemampuan tapi dia tidak melakukan ibadah kurban, maka janganlah dia mendekati masjid kami." (HR Ahmad)

Tahu nggak Sob, ternyata sunnah berkurban atau pelaksanaan pemotongan hewan kurban itu dilakukan sendiri tanpa diwakilkan kepada orang lain.

عَنْ أَنَسٍ قَالَ
ضَحَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ أَقْرَنَيْنِ ذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ وَسَمَّى وَكَبَّرَ وَوَضَعَ رِجْلَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا

Dari Anas dia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah berkurban dengan dua domba putih yang bertanduk, beliau menyembelih dengan tangannya sendiri sambil menyebut (nama Allah) dan bertakbir, dengan meletakkan kaki beliau dekat pangkal leher domba tersebut." (HR Muslim No 3635)                    

Sunah tersebut dilakukan apabila shahibul kurban dapat memotong hewan kurban dengan baik, apabila tidak bisa diserahkan kepada yang terbiasa menyembelih.

Wallahua'lam bishowab.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...