Dompet Dhuafa Respon Cepat Darurat Banjir Bandang di Bima

Fashion-Styles-for-Girls-Online

BIMA,NTB- Ribuan rumah di lima kecamatan, yakni kecamatan Rasanae, Rasanae Timur, Rasanae Barat dan Punda di Kota Bima terendam banjir bandang pada Rabu (21/12). Ketinggian air bervariasi dan sempat mencapai 1-2 meter.

Banjir bandang tersebut disebabkan meluapnya aliran sungai Toloweri menyusuk curah hujan tinggi sebagai dampak dari Siklon tropis Yvette di Samudera Hindia.

Data sementara tercatat 25 rumah rusak berat, 5 rumah hanyut, 3 rumah rusak sedang, dan satu jembatan negara dan dua jembatan desa putus. Banjir juga sempat mengganggu aktivitas penerbangan dan saluran komunikasi seluler.

Direktur Disaster Management Centre (DMC) Dompet Dhuafa, Syamsul Ardiansya menuturkan DMC Dompet Dhuafa bersama DASI (Dompet Amal Sejahtera Ibnu Abbas) NTB telah terjun dari hari Rabu (21/12) untuk membantu korban bencana banjir bandang.

“Dan hingga Jumat (23/12) ini kami sedang melakukan proses pendataan dampak kebencanaan dan mulai mendistribusikan logistik bantuan. Sementara, bantuan yang dibutuhkan adalah paket kebersihan diri (hygiene kit), makanan dan minuman dewasa, nutrisi balita, air bersih, obat-obatan,” terang Syamsul.

Lebih lanjut Syamsul menjelaskan, “Dompet Dhuafa bersama DASI NTB saat ini bergerak untuk menyiapkan kebutuhan logistik dengan mendirikan dapur umum serta bantuan medis berupa pengobatan dan pemeriksaan kesehatan secara gratis, hal tersebut untuk mencegah dampak wabah penyakit pasca bencana banjir bandang dan untuk Posko Dompet Dhuafa-DASI NTB berada di lokasi Jln. Raya Talabiu - Bima desa Padolo Kec. Palibelo Kab. Bima”.

 

Baca juga: RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Tempat Indah untuk Menuai Berkah

 

“Tim DMC Dompet Dhuafa bersama DASI NTB hingga saat ini masih terus meningkatkan pemantuan terhadap kondisi karena dalam laporan akan ada eskalasi curah hujan yang berdampak pada terjadinya banjir susulan di Bima”, imbuh Syamsul.

Pada Jumat (23/12) tim DMC Dompet Dhuafa dengan DASI NTB melakukan aksi pembagian logistik di Keluraham Nae sekaligus melakukan pemantuan terhadap kondisi jembatan penghubung antara Penaraga dan Penanae mulai tergenang air.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 22tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Untuk Informasi press release, dapat menghubungi :

Public Relation Dompet Dhuafa

Philanthropy Building 

Jl. Warung Jati Barat No.14

Jakarta Selatan 12540, Indonesia

U.P : Corcom Dompet Dhuafa, Bani (085770424310)

Telp. 021 741 6050

www.dompetdhuafa.org @Dompet_Dhuafa

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...