Gelisah Bukan Berarti Kurang Piknik, Bisa Jadi Kurang Dzikir

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, pernah nggak kalian ngerasa seharian itu uring-uringan, was-was, baper, atau rasanya tuh pingin marah-marah melulu? Pokoknya kayak nggak tenang gitu deh.

Buat sebagian cewek mungkin biasanya ngerasain ini menjelang menstruasi ya. Atau biasa mah kita sebutnya masa PMS (Pra Menstruasi). Masa-masa PMS emang rawan banget buat cewek. Bisa bikin moodnya jungkir balik kayak lagi naik roller coaster.

Tapi ini nggak lagi PMS kok ya berasanya hati panas aja gitu. Kenapa ya kira-kira?

Ada yang berkomentar bahwa orang yang bawaannya nggak tenang kayak gitu karena orang tersebut kurang piknik, terlalu sibuk belajar, ataupun kerja. Padahal bisa jadi ada alasan yang lebih penting yang bisa membuat seseorang jadi bertingkah nggak jelas. Bukan karena kurang piknik pastinya.

Trus apa ya kira-kira yang dapat menjadi pemicu perubahan mood seseroang?

Hmm ... Kalau pas Sobat Nida ngeliat ada temen yang berubah jadi aneh seperti tadi, atau mungkin Sobat Nida ngerasain sendiri beberapa hal di atas, coba cek deh kondisi hati atau iman kita gimana. Coba cek juga tilawah atau dzikirnya udah berapa banyak, atau justru malah udah ditinggalin?

Wah, kalau ternyata emang udah lama nggak ngaji atau tilawah, atau males-malesan buat dzikir ya pantes aja hidupnya uring-uringan dan nggak tenang. Lha wong Allah nya aja udah ditinggalin. Padahal satu-satunya cara supaya membuat hati tenang itu ya dengan mengingat Allah.


Allah SWT berfirman:

اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ  ۗ  اَ لَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ 
"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS. Ar-Ra'd [13] : Ayat 28)

Trus gimana dong Nid, kalau misalkan udah kelewat kelamaan ninggalin Allah tapi mau balik hati rasanya masih berat dan susah ... Banget buat balik lagi rajin beribadah?

In shaa Allah ada jalannya Sob. Caranya, coba luruskan lagi niatnya ngaji itu buat apa, terus sebisa mungkin jauhi hal-hal atau teman yang ngak bermanfaat dan cenderung mendekatkan kita kepada kemaksiatan, dan berkumpul deh sama orang-orang yang shalih.

أَبِي هُرَيْرَةَ وَأَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لَا يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُونَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا حَفَّتْهُمْ الْمَلَائِكَةُ وَغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ وَذَكَرَهُمْ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

Abu Hurairah dan Abu Sa'id Al Khudri bahwasanya keduanya menyaksikan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Tidaklah suatu kaum yang duduk berkumpul untuk mengingat Allah, kecuali dinaungi oleh para malaikat, dilimpahkan kepada mereka rahmat, akan diturunkan kepada mereka ketenangan, dan Allah Azza Wa jalla akan menyebut-nyebut mereka di hadapan para makhluk yang ada di sisi-Nya. (HR Muslim No 4868)

Jelaskan Sob bahwa kunci ketenangan hati itu ya dengan mencintai dan mendekatkan diri kepada Rabb kita.

Bukan berarti piknik nggak bermanfaat. Tentu aja bermanfaat. Cuma mungkin pikniknya perlu ke tempat-tempat yang juga bisa menentramkan. Seperti berwisata hati dengan umroh misalnya jika memang ada rezeki.

Wallahua'lam bishowab, semoga bermanfaat.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...