hadits

Jangan Memaksa Allah ketika Berdoa

Sobat Nida, pernah kesel nggak ketika merasa udah capek berdo'a selama bertahun-tahun tapi kok Allah nggak ngabulin juga. Atau karena saking memiliki keinginan yang sangat terhadap sesuatu, akhirnya kita lupa adab dan berdo'a tapi malah terkesan maksa dan ngancam Allah. Kalau keshalihannya sekelas Rasulullah sih gpp ya berdo'a pake ngancem.

Tips dari Nabi Agar Kita Lebih Bersyukur Atas Nikmat Allah yang Tak Terhingga

Sobat Nida, sebanyak apapun nikmat yang sudah Allah berikan kepada seorang hamba, tetapi jika tidak diiringi dengan rasa syukur, pasti akan terus merasa kurang dan kurang. Bahkan ada juga orang yang meskipun hidupnya sudah enak, serba ada, tapi masih aja nggak seneng ngeliat tetangganya punya sesuatu yang lebih dari dirinya. Panas aja deh bawaannya. Padahal ya Sob, semua

Tanda-tanda Tidak Akan Mendapat Lailatul Qadr

"Barangsiapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadar karena mengimani dan bermohon Ridlo Allah, Allah akan mengampunkan segala dosa-dosanya yang terdahulu." HR. Bukhori Sobat Nida, malam lailatul qadr itu nilainya setara dengan 1000 bulan alias puluhan tahun, sayangnya... orang-orang berikut ini tidak akan mendapat menemukan keberkahan malam lailatul qadr tersebut,

Bersedekah Meski dengan Setengah Kurma

Sobat Nida, segala macam amal kebaikan akan dilipatgandakan pada bulan Ramadhan. Jadi sudah sepatutnya kita berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Apalagi Ramadhan datangnya setahun sekali dan belum tentu kita akan dipertemukan denga  Ramadhan selanjutnya.   Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi

Allah Tak Butuh Lapar dan Haus Kita, Jika Berpuasa namun Tetap Berdusta

Sobat Nida, sejatinya puasa bukanlah sekedar menahan lapar dan haus belaka. Karena tidak perlu menunggu Ramadhan untuk menahan haus dan lapar. Yang tak kalah penting saat berpuasa adalah menahan hawa nafsu kita. Nafsu berkata kotor, berdusta, marah, dan lain sebagainya. Seringkali kita masih terpancing oleh olok-olok orang lain terhadap diri kita, hingga kita lupa bahwa tak seharusnya