Hati-Hati dengan Ujub

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, pernahkah kamu mendengar istilah ujub? Ujub merupakan sifat yang sama tercelanya seperti riya’ dan takabur.

Menurut Imam Al Ghozali, Ujub merupakan sifat dimana seseorang mencintai karunia yang ada pada dirinya dan merasa memilikinya sendiri. Ia tidak menyadari bahwa karunia itu adalah dari Allah. Sedangkan menurut Ibnul Mubarok, ujub adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa dirinya memiliki kelebihan yang tidak dipunya orang lain.

Sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya kita menyadari bahwa segala apa yang kita miliki sesungguhnya hanya milik Allah. Ketika kita dipuji atas apa yang kita miliki, sudah seharusnya kita langsung tersadar bahwa Allah-lah yang paling layak untuk dipuji. Dia-lah yang menciptakan diri ini. Bahkan kita tak punya hak sedikitpun atas diri ini. Lalu apa yang kita banggakan? Apalagi jika sampai merendahkan orang lain. Memandang diri lebih di atas segalanya dibanding orang lain. Tentu hal ini sangat tidak dibenarkan dalam islam.

Sifat ujub ini juga merupakan pangkal dari sifat sombong. Sifat ujub ini juga ternyata dapat menyebabkan terhapsnya pahala, Sob. Seperti yang dijelaskan dalam hadits riwayat Thabrani berikut.

Tiga hal yang membinasakan : Kekikiran yang diperturutkan, hawa nafsu yang diumbar dan kekaguman seseorang pada dirinya sendiri.”

Jadi mulai hari ini, jauhilah sifat ujub. Percaya diri boleh saja. Tapi harus tetap ingat bahwa Allah-lah pemilik segala karunia yang ada pada diri. 

Wallahu'alam... 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...