Hukum Berpuasa dan Berdoa di Awal Tahun Hijriyah

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, kalau mau berpuasa sunah yaa bagus sekali sih yaa, apalagi awal tahun 1439 Hijriyah ini pas banget hari Kamis, tapi sebaiknya gak usah dikait-kaitkan dengan tahun baru Muharram, karena ternyata hadits yang sering dijadikan sandaran untuk berpuasa di awal tahun adalah hadits palsu.

Barang siapa berpuasa akhir hari bulan Dzulhijjah dan awal Muharram, maka dia telah menutup tahun lalunya dengan puasa dan membuka tahun barunya dengan puasa, Allah menjadikan baginya kaffarah lima puluh tahun”.

Hadits ini maudhu’ alias dikarang-karang oleh orang yang berdusta atas nama Rasulullah. Hadits ini dibawakan Ibnul Jauzi dalam al-Maudhū’āt 2/566 dengan sanadnya sampai kepada Ibnu Abbas, lalu katanya, “Al-Harawi adalah al-Juwaibari dan Wahb, kedunya adalah pendusta dan pemalsu hadits”. Dan disetujui As-Suyuthi, Ibnu Arraq, dan Asy-Syaukani.

Dengan demikian, maka pengkhususan akhir tahun dan awal tahun dengan puasa termasuk kebid’ahan dalam agama. Demikian juga ritual-ritual serupa yang tidak ada dalilnya, seperti do’a awal dan akhir tahun.

Lalu, apa salahnya sih beramal dengan menggunakan hadits palsu? Bukankah yang penting amalannya baik, seperti berpuasa dan berdoa di akhir tahun atau awal tahun? Eit, jangan sembarangan Sob... setiap amalan yang dimaksudkan untuk beribadah harus, kudu, musti banget disandarkan pada apa yang diperintahkan Allah atau dilakukan oleh Rasulullah. Jadi, jangan sekali-kali mengerjakan amalan berdasarkan hadits palsu apalagi sampai menyebarluaskannya di broadcast.

Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin -rahimahullah- berkata, “Hadits maudhu’ –berdasarkan kesepakatan para ulama- tidak boleh disebut-sebut dan disebarluaskan di tengah-tengah manusia. Hadits maudhu’ tidak boleh digunakan baik dalam masalah at targhib (untuk memotivasi) atau at tarhib (untuk menakut-nakuti) dan tidak boleh digunakan untuk hal-hal lainnya. Hadits maudhu’ boleh disebutkan jika memang ingin dijelaskan status haditsnya yang maudhu’.”

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...