Ini Sebabnya Laki-laki Yang Nggak Shalat Berjamaah di Masjid itu Rugi Banget

Fashion-Styles-for-Girls-Online

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ
أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِخَمْسٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Dari Abu Sa'id Al Khudri, bahwa dia mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Shalat berjama'ah lebih utama dibandingkan shalat sendirian dengan dua puluh lima derajat." (HR Bukhari No 610)

Sobat Nida khususnya yang cowok ya, biasanya shalat lima waktu di mana nih? Hayo ngaku ...

Buat membiasakan diri untuk shalat lima waktu di masjid itu emang nggak gampang dan banyak banget cobaannya. Boro-boro deh shalat Subuhnya, shalat Dzuhur dan Asharnya aja di akhir waktu. Maklum Nid, sibuk sekolah, kuliah atau kerja.

Tapi Sobat Nida sebenernya tahu nggak sih, kalau shalat lima waktu di masjid secara berjama'ah itu punya keutamaan yang besar yang kalau dilewatkan itu sebenernya rugi banget!

أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةُ الرَّجُلِ فِي الْجَمَاعَةِ تُضَعَّفُ عَلَى صَلَاتِهِ فِي بَيْتِهِ وَفِي سُوقِهِ خَمْسًا وَعِشْرِينَ ضِعْفًا وَذَلِكَ أَنَّهُ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الْمَسْجِدِ لَا يُخْرِجُهُ إِلَّا الصَّلَاةُ لَمْ يَخْطُ خَطْوَةً إِلَّا رُفِعَتْ لَهُ بِهَا دَرَجَةٌ وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةٌ فَإِذَا صَلَّى لَمْ تَزَلْ الْمَلَائِكَةُ تُصَلِّي عَلَيْهِ مَا دَامَ فِي مُصَلَّاهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ وَلَا يَزَالُ أَحَدُكُمْ فِي صَلَاةٍ مَا انْتَظَرَ الصَّلَاة

Abu Hurairah berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Shalat seorang laki-laki dengan berjama'ah dibanding shalatnya di rumah atau di pasarnya lebih utama (dilipatgandakan) pahalanya dengan dua puluh lima kali lipat. Yang demikian itu karena bila dia berwudlu dengan menyempurnakan wudlunya lalu keluar dari rumahnya menuju masjid, dia tidak keluar kecuali untuk melaksanakan shalat berjama'ah, maka tidak ada satu langkahpun dari langkahnya kecuali akan ditinggikan satu derajat, dan akan dihapuskan satu kesalahannya. Apabila dia melaksanakan shalat, maka Malaikat akan turun untuk mendo'akannya selama dia masih berada di tempat shalatnya, 'Ya Allah ampunilah dia. Ya Allah rahmatilah dia'. Dan seseorang dari kalian senantiasa dihitung dalam keadaan shalat selama dia menanti palaksanaan shalat." (HR Bukhari No 611)

Tuh, dari satu hadits di atas aja udah jelas banget ya Sob. Apalagi kalau ditambah dengan keutamaan-keutamaannya yang lain seperti keutamaan shalat berjama'ah shalat Subuh dan 'Isya yang banyak dijelaskan di dalam hadits-hadits shahih yang mungkin sudah Sobat Nida hafal di luar kepala.

"Yah, gimana ya Nid. Rumah gue kan jauh dari Masjid, jadi lebih gampang shalat berjama'ah di rumah sama keluarga." Ada yang alesannya gitu? Weits, Nida kasih tahu lagi nih Sob. Semakin jauh jarak rumah dengan masjid, maka pahala yang diperoleh juga semakin besar.

عَنْ أَبِي مُوسَى قَالَ
قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَعْظَمُ النَّاسِ أَجْرًا فِي الصَّلَاةِ أَبْعَدُهُمْ فَأَبْعَدُهُمْ مَمْشًى وَالَّذِي يَنْتَظِرُ الصَّلَاةَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ الْإِمَامِ أَعْظَمُ أَجْرًا مِنْ الَّذِي يُصَلِّي ثُمَّ يَنَامُ

Dari Abu Musa berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Orang yang paling banyak mendapatkan pahala dalam shalat adalah mereka yang paling jauh (jarak rumahnya ke masjid), karena paling jauh dalam perjalanannya menuju masjid. Dan orang yang menunggu shalat hingga dia melaksanakan shalat bersama imam lebih besar pahalanya dari orang yang melaksanakan shalat kemudian tidur." (HR Bukhari No 614)

Tapi kalau dipikir-pikir lagi, kebanyakan kita pasti udah punya kendaraan entah sepeda, motor atau mobil. Dan tentunya jarak bukan lagi menjadi soal ya Sob.

Ya semua sih lagi-lagi balik ke niat. Kalau udah niat Lillahi ta'ala, In shaa Allah akan dipermudah.

Wallahua'lam bishowab, semoga bermanfaat dan memotivasi Sobat Nida ya.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...