Ini Sob, Olahraga yang Dilakukan Pemuda di Zaman Rasulullah

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, olahraga merupakan aktivitas yang dibutuhkan bagi tubuh agar terasa bugar, serta menjaga keseimbangan kesehatan tubuh. Cabang olahraga yang dimainkan pemuda saat ini sangat beragam, tapi tahukah Sobat Nida olahraga apa saja yang dilakukan pemuda pada zaman Rasulullah?

1. Berlari
Berlari merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan loh Sob. Terdapat sebuah kisah salamah ketika ia meriwayatkan perang Dzi Qird, pada kisah tersebut diceritakan bahwa terdapat adu lomba lari cepat yang dilakukan pemuda saat itu. Selain itu diceritakan pula oleh Siti Aisyah Radhiyallahu Anhu, yang artinya, “Rasulullah bertanding dengan saya dan saya menang. Ketika saya berhenti sehingga badan saya menjadi gemuk, Rasulullah saw bertanding lagi dengan saya dan beliau menang. Lalu beliau bersabda : Kemenangan ini untuk kemenangan itu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

2. Panahan
Sobat Nida, olahraga yang kedua yakni panahan atau memanah. Perlu diketahui bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam merupakan pemanah dan memiliki tiga busur. Rasulullah bersabda, “kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (HR Bazzar dan Thabrani). Selain itu Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam juga bersabda, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Olahraga memanah memiliki manfaat dapat melatih emosi dan ketenangan dalam berfikir. Tetapi perlu diingat bahwa Rasullulah Shalallahu Alaihi Wassalam memperingatkan kepada seluruh muslim yang melakukan olahraga ini, agar tidak menggunakan binatang-binatang jinak dan makhluk hidup lainnya sebagai sasaran latihan, sebagaimana yang biasa dilakukan oleh orang-orang arab pada masa jahiliyah.

3. Berkuda
Berkuda merupakan olahraga yang banyak dilakukan pemuda pada masa Rasullulah Shalallahu Alaihi Wassalam  dan dianjurkan olehnya. Olahraga ini memiliki fungsi yakni tulang belakang si penunggang kuda akan mengalami proses pengurutan. Tulang manusia atau si penunggang kuda akan bergesekan secara harmoni selaras dengan bergeraknya hewan tersebut, yang tentu sangat baik bagi syaraf tulang. Dianjurkannya olahraga ini selaras dengan sebuah hadist Rasullulah Shalallahu Alaihi Wassalam yang artinya, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah.” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Berenang
Sobat Nida, selain berkuda dan memanah, olahraga renang juga dianjurkan oleh Rasullulah Shalallahu Alaihi Wassalam. Berenang merupakan salah satu tumpuan kekuatan prajurit islam pada masa itu. Kemahiran para prajurit islam dalam berenang dapat mengantarkan pasukan Turki Utsmani pada masa kepemimpinan Sultan Muhammad al-Fath merebut Konstatinopel pada abad ke-14. Olahraga yang memerlukan intelektulitas tinggi ini memiliki fungsi menguatkan seluruh otot, stamina dan tulang rangka karena seluruh tubuh bergerak pada aktivitas olahraga ini.

Sumber : kabarmakkah(dot)com, khazanah(dot)republika(dot)co(dot)id dan berbagai sumber
Ilustrasi: google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...