Inilah Beda Kerja antara Komisaris dan Direktur

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, dalam suatu organisasi tentunya memilki struktur keorganisasian yang memegang kendali dalam mengatur dan menjalani organisasi tersebut agar dapat berjalan dengan baik. Dalam sebuah perusahaan juga ada istilah komisaris dan direktur. Tahukah kamu bahwa dalam tugas yang dijalani komisaris dan direktur memiliki perbedaan kerja yang dilakukan. Lalu apakah perbedaan pekerjaan tersebut? Berikut beda kerja antara komisaris dan direktur.

Komisaris memiliki fungsi sebagai pimpinan ataupun pengawas tertinggi dalam sebuah perusahaan. Komisaris bertanggung jawab mengawasi kelancaran serta kondisi kesehatan keuangan perusahaan tersebut. Perlu diketahui bahwa komisaris merupakan jabatan tertinggi dalam perusahaan dan bisa juga komisaris tersebut sebagai pemilik perusahaan/pemilik saham. Komisaris bekerjasama dengan Direksi yang bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan serta membawahi para staff secara efektif.

Selain itu, komisaris atau yang juga disebut dengan dewan komisaris, dalam setiap anggota Dewan Komisaris wajib beriitikad baik, kehati-hatian, dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas pengawasan dan pemberikan nasehat kepada Direksi untuk kepentingan Perseroan dan sesuai dengan maksud dan tujuan Perseroan.

Tugas dan tanggungjawab dari dewan direksi antara lain, memberikan pengarahan dan nasihat kepada direksi dalam menjalankan tugasnya, melakukan pengawasan terhadap kebijakan Direksi dalam menjalankan Perusahaan, serta mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti Anggaran Dasar Perusahaan dan keputusan-keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Bukan hanya itu tugas dewan direksi juga mengevaluasi rencana kerja dan anggaran Perusahaan serta mengikuti perkembangan perusahaan. Apabila terdapat gejala atau tanda-tanda yang menunjukkan perusahaan sedang dalam masalah, Dewan Komisaris akan segera meminta Direksi untuk mengumumkannya kepada para pemegang saham dan memberikan rekomendasi untuk langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.

Berikutnya, dewan direksi juga memberikan saran dan pendapat dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mengenai tujuan strategis perusahaan, rencana pengembangan usaha, anggaran tahunan, laporan keuangan tahunan, penunjukkan kantor akuntan publik sebagai auditor eksternal dan hal penting lainnya.

Sementara itu untuk tugas yang perlu dijani oleh seorang direktur yakni, menjalankan bisnis suatu perusahaan, memimpin seluruh karyawan ataupun staff dalam menjalankan bisnis perusahaan, dan menetapkan kebijakan-kebijakan perusahaan. Selain itu, direktur juga bertugas dalam menetapkan dan merumuskan strategi bisnis perusahaan, menyetujui anggaran tahunan perusahaan, menyampaikan laporan kepada pemegang saham, serta memilih para staff yang akan membantu di bawahnya, seperti general manager, senior manager atau bahkan manager. Direktur tentunya memiliki tugas untuk meningkatkan performance suatu perusahaan tersebut.

Direktur bertanggung jawab dan kewenangannya dalam menjalankan jabatan seperti mengkoordinasikan, mengelola, dan mengendalikan mekanisme di berbagai lini dan bidang dalam suatu perusahaan, bertanggung jawab dalam memimpin dan menjalankan operasional perusahaan, dan bertanggung jawab atas kerugian dan keuntungan yang dihadapi perusahaan perusahaan. Direktur juga bertanggung jawab dalam merancang strategi yang baik pada perencanaan jangka panjangan, jangka menengah, maupun jangka pendek guna mencapai visi dan misi. Direktur memiliki peran untuk melakukan pengembangan aset-aset sumber daya dan kekayaan perusahaan, juga merupakan perwakilan perusahaan dalam berhubungan dengan pihak eksternal perusahaan serta memimpin seluruh link perusahaan. (FikriahNurjannah)

Sumber : pengertian-definisi(dot)com, hukumperseroanterbatas(dot)com  dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...