Inilah Beda Syetan, Ifrit, Iblis dan Dajjal

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida,  betapa Allah yang Maha Kuasa menciptakan segala makhluknya semata-mata agar hanya menyembahNya dan beribadah kepadaNya.

Seperti yang ditegaskan dalam Al quran: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56)

Syetan, Jin, Iblis dan Dajjal adalah makhluk yang diciptakan Allah. Namun,  tak sedikit dari kita (manusia) belum tahu perbedaan 4 makhluk tersebut selain dianggap menjadi musuh karena berusaha menyesatkan umat muslim. Naudzu’billah.

Berikut perbedaan keempatnya:

Syetan

Syetan biasanya sangat ditakutkan oleh manusia,namun siapakah syetan sebenarnya? Dan berasal dari golongan mana?

Demikianlah Allah berfirman:

“Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia).” (Al-An’am: 112).

(Dalam ayat ini) Allah menjadikan setan dari jenis manusia, seperti halnya setan dari jenis jin. Dan hanyalah setiap yang durhaka disebut setan, karena akhlak dan perbuatannya menyelisihi akhlak dan perbuatan makhluk yang sejenisnya, dan karena jauhnya dari kebaikan. (Tafsir Ibnu Jarir, 1/49)

 

Baca juga: Mantan Pemuja Syetan Membongkar Pesan Tersembunyi Di Balik Film Film Walt Disney

 

Ifrit (Jin)

Ifrit merupakan salah satu makhluk dari golongan jin, jika mendengar kata ifrit pasti beberapa dari kita ingat akan kisah nabi Sulaiman yang di bantu memindahkan Istana ratu Balqis atas kuasa Allah SWT. Namun, dikisahkan ifrit menjadi jin yang paling jahat saat mengganggu nabi Muhammad SAW yang melakukan Isra Mi’raj  saat mengendarai Buraq didampingi malaikat Jibril.

Dikisahkan saat beliau melakukan perjalanan dilihatnya ifrit dari bangsa jin yang mengejarnya dengan api yang menyala-nyala.tiap Nabi menoleh, beliau melihat ifrit terbang membuntuti untuk mencelakakan Nabi dengan terus-menerus menyemburkan api dari obor yang dibawa jin ifrit.

Kemudian Jibril berkata :

“Tidakkah aku ajarkan kepadamu (Nabi Muhammad) beberapa kalimat, jika anda baca maka akan memadamkan apinya dan  terbalik kepada wajahnya lalu dia akan binasa (hancur lebur)?”

Kemudian Jibril AS memberitahukan doa tersebut kepada Rasulullah :

“Aku berlindung dengan wajah Allah yang Maha Mulia dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna yang tidak ada “melampauinya” segala kebaikan maupun keburukan dari kejahatan apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar darinya dan dari kejahatan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan dari kejahatan fitnah di malam dan siang hari dan dari kejahatan jalan-jalan di malam dan siang hari, kecuali suatu jalan yang dilalui dengan kebaikan, wahai yang Maha Penyayang.”

Setelah Nabi Muhammad SAW membaca doa tersebut, maka jin ifrit yang membuntuti beliau langsung jatuh tersungkur kemudian binasa dan obornya padam. (HR.Bukhari).

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (Al-Hijr: 26-27)

Karena jin lebih dulu ada, maka Allah mendahulukan penyebutannya daripada manusia ketika menjelaskan bahwa mereka diperintah untuk beribadah seperti halnya manusia. Allah berfirman:

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyem-bah-Ku.” (Adz-Dzariyat: 56)

Iblis

Iblis termasuk dari golongan jin, hal ini sebagaimana firman Allah:

“Dan (ingatlah) ketika Kami (Allah) berfirman kepada para Malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,..!  Maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain Aku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim.” (QS AlKahfi : 50)

Dajjal

Dikisahkan Dajjal merupakan salah satu tanda datangnya hari kiamat, Namun siapakah Dajjal dan darimanakah golongan ia berasal?

“Dari Abdullah Ibnu Umar bahwa Rasulullah shallallohu alaihi wasallam bersabda : Pada suatu malam aku bermimpi di sisi Kabah, aku melihat seorang lelaki berkulit sawo matang, sebagaimana kamu pernah melihat seorang lelaki tampan berkulit sawo matang, dia berambut ikal sebagaimana kamu pernah melihat seorang lelaki tampan berambut ikal. Dia menguraikan rambutnya yang masih basah. Dia bersandar kepada dua orang atau kepada bahu dua orang sambil melakukan Tawaf di Baitullah. Lalu aku bertanya, Siapakah lelaki ini ?  Ada yang menjawab, Dia adalah Al Masih Isa bin Maryam. Kemudian tiba-tiba aku di dekat seorang lelaki berambut keriting, mata kanannya buta seperti buah anggur yang masak ranum (matanya keluar). Lalu aku bertanya, Siapa lelaki ini ? Ada yang menjawab dia adalah Al Masih Ad Dajjal”  (HR Bukhari no. 5902)

Semoga kita semua dijauhkan dari fitnah yang menyesatkan dan dijauhkan dari panasnya api neraka. Wallahu a’lam.

Referensi Link : dari berbagai sumber

Foto ilustrasi: google

Nurul Aprillianti

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...