Inilah Beda Tumor Ganas dengan Tumor Jinak

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, gaya hidup yang tidak sehat seperti begadang, makan junkfood, merokok, dan minum minuman beralkohol, bisa memicu tumbuhnya tumor di tubuh. Gak heran... zaman sekarang ini banyak orang yang masih usia muda tapi sudah terkena penyakit berat.

Pasti pernah dengar kan ada tumor jinak dan ada tumor ganas atau yang lebih sering disebut kanker? Nah... Sobat Nida sudah tahu belum apa perbedaan keduanya?

Tumor itu sendiri adalah pembengkakan yang disebabkan adanya peradangan atau pertumbuhan jaringan yang abnormal dalam tubuh. Kalau sekadar benjolan abnormal saja, sangat mungkin itu adalah tumor jinak. Akan tetapi jika disertai gejala lain seperti pendarahan, nyeri hebat, kesulitan menelan, serta penurunan berat badan, perlu diperiksa lebih lanjut.

Jika pertumbuhan jaringan abnormal pada bagian tubuh terjadi sangat cepat dan tidak terkendali, inilah yang disebut tumor ganas atau kanker. Kanker berpotensi menyerang dan merusak jaringan yang berdekatan, hal ini dalam istilah medis dinamakan metastasis.

Penanganan tumor ganas atau kanker bisa dilakukan dengan 3 cara tergantung tingkatan stadiumnya:

1. Operasi. Untuk mengangkat benjolan atau jaringan abnormal.

2. Terapi radiasi. Bertujuan menghancurkan jaringan kanker, mengurangi ukuran kanker, dan menghilangkan gejala serta gangguan yang menyertainya.

3. Kemoterapi. Bertujuan untuk menghambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker pada tubuh pasien dengan menggunakan obat keras (beracun/kimia).

Untuk mengetahui diagnosa tumor ini apakah jinak atau ganas, diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung dengan dokter spesialis bedah Sob. Jadi gak bisa sembarangan yaa.

Tujuannya agar dapat dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan wawancara medis lengkap. Pemeriksaan menunjangnya antara lain:

- Pemeriksaan darah lengkap
- Pemeriksaan rontgen
- CT Scan
- MRI
- Biopsi. Pengambilan jaringan dengan alat khusus di daerah yang mengalami penonjolan.

Sobat Nida, yuk lakukan gaya hidup sehat agar tidak memicu tumbuhnya tumor jinak maupun ganas pada tubuh kita. Terutama sekali adalah berpikir positif.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...