Inilah Cara Membersihkan Laptop dari Debu dan Kotoran

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, meskipun laptop selalu terlihat bersih, pada dasarnya keyboard, layar, dan bagian-bagian laptop lainnya mudah menjadi sarang debu, bekas sentuhan jari, dan remah-remah makanan. Persoalan debu mungkin persoalan ringan. Tapi, jika debu tersebut dibiarkan menumpuk dan menjadi sumber kotoran, hal ini bisa membuat laptopmu menjadi rusak dan bermasalah. Oleh karena itu, mulailah membersihkan laptopmu secara rutin. Berikut cara-cara membersihkan laptop dari debu dan kotoran:

Layar Laptop
1. Matikan laptop.
2. Lepaskan baterai.
3. Gunakan kain microfiber yang lembut dan tidak berserat. (Jika tidak ada kain microfiber, gunakan kain lap yang terbuat dari t-shirt atau kain lainnya yang tidak menyebabkan risiko tergores)
4. Usap layar secara perlahan. Usahakan saat mengusap tidak dengan menekannya.
5. Bersihkan layar yang bernoda dengan gerakan melingkar secara perlahan.
6. Gunakan cairan pembersih untuk membersihkan bingkai layar laptop. Pertama, semprotkan cairan pembersih pada kain lap. Lalu, usapkan pada bingkai layar laptop secara lembut.
7. Jika kamu masih ragu, cek buku manualnya atau berkonsultasi dengan toko tempat membeli laptop tersebut.

Keyboard Laptop
1. Matikan laptop.
2. Lepaskan baterai.
3. Balik laptop secara hati-hati dan goyangkan perlahan-lahan untuk menjatuhkan remah-remah dan debu yang tersangkut.
4. Gunakan kain microfiber yang dibasahi dengan cairan pembersih untuk membersihkan permukaan keyboard.
5. Pastikan cairan yang disemprotkan pada kain tidak terlalu banyak sehingga cairan tidak akan menetes ke bagian dalam laptop. Bersihkan permukaan keyboard secara perlahan.
6. Sobat Nida juga bisa membersihkan sisa-sisa debu diantara keyboard laptop dengan menggunakan brush yang lembut. Gunakanlah brush make up yang sudah tak terpakai. Brush tersebut akan menyapu debu-debu yang menyelip diantara keyboard.
7. Vacuum cleaner berukuran kecil juga bisa kamu gunakan, lho. Usahakan menggunakan tekanan rendah agar tidak menganggu fungsi keyboard.
8. Alternatif lainnya ialah menggunakan hair dryer. Sebelumnya, pastikan dulu jika kamu sudah membersihkan bagian keyboard dengan cukup bersih agar dorongan dari hair dryer  tidak membuat kotorannya semakin mendalam.

Bagian dalam Laptop
1. Siapkan obeng. Beberapa laptop bisa dibuka dengan menggunakan obeng kembang berukuran kecil dan beberapa jenis lainnya menggunakan obeng khusus.
2. Pelajarilah cara membuka laptop dengan melihat tutorial melalui buku manual atau YouTube.
3. Pastikan kata kunci yang dimasukkan sama dengan tipe laptop yang dimiliki, mulai dari merek hingga nomor serinya.
4. Pastikan kamu mengetahui letak kipas secara pasti dengan mencari informasi melalui buku manual atau melihat tutorial cara membersihkan laptop di internet sesuai dengan tipe laptop yang dimiliki. Beberapa jenis laptop kipasnya bisa dibersihkan dari bagian atas, beberapa lainnya bisa dibersihkan dari bagian bawah.
5. Hindari menggunakan cairan apa pun.
6. Gunakanlah benda-benda kering yang lembut, seperti brush make up untuk membersihkan bagian dalam laptop.

Sobat Nida, itulah cara-cara memberihkan laptop dari debu dan kotoran. Mulailah memperhatikan kebersihan dan melakukan perawatan rutin pada laptop atau barang-barang elektronik lainnya. Semoga bermanfaat. (Dina Nazhifah)

Sumber: cleanipedia(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...