Inilah Doa Yang Biasa Rasulullah Baca Ketika Bersujud

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, salah satu waktu terbaik untuk berdoa adalah ketika tengah bersujud dalam shalat. Keadaan hamba ketika bersujud merupakan keadaan yang paling dekat dengan Allah.

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ عَزَّ وَجَلَّ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

 

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda: "Keadaan hamba yang paling dekat dengan Allah Azza wa Jalla adalah saat ia sujud, maka perbanyaklah berdoa saat sujud." (HR Nasa'i No 1125)

Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk memperpanjang sujud dan memperbanyak doa ketika sedang bersujud. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW.

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

 

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Saat paling dekat bagi seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika dia sujud, karena itu perbanyaklah berdo'a ketika sujud." (HR Abu Daud No 741)

Sebenarnya sih nggak ada kewajiban atau doa khusus untuk dilafalkan saat bersujud, doa apapun boleh dipanjatkan. Hanya saja, ada doa yang biasa Rasulullah panjatkan ketika tengah bersujud.

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي سُجُودِهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ دِقَّهُ وَجِلَّهُ وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ زَادَ ابْنُ السَّرْحِ عَلَانِيَتَهُ وَسِرَّهُ

 

Dari Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam sujudnya membaca: "Allahummaghfir li dzanbi kulluhu diqqahu wa jillahu wa awwalahu wa akhirahu" (ya Allah ampunilah dosaku semuanya, baik yang kecil maupun yang besar, dan dari yang pertama sampai yang terakhir)." Ibnu Siraj menambahkan "Alaniyatahu wa sirrahu" (baik yang nampak ataupun yang tersembunyi)." (HR. Abu Daud: 744)

Itu dia doa yang biasa Rasulullah panjatkan ketika berdoa. Meskipun bukan sesuatu yang wajib, tapi nggak ada salahnya juga kita ikut mengamalkan doa tersebut ketika tengah shalat dan berada pada sujud rakaat terakhir shalat kita. Karena setiap kebaikan sekecil apapun asal diniatkan untuk beribada kepada Allah pasti akan mendapatkan pahala atau kebaikan yang melimpah pula dari Allah SWT.

Wallahua’lambishowab. Semoga bermanfaat.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...