Inilah Dzikir Pelepas Lelah

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sudah pernah mendengar kisah Fathimah radhiallahu 'anha yang pernah menemui Rasulullah karena bermaksud meminta pembantu?

Seperti yang kita tahu bahwa Fathimah hidup bersama Ali dalam keadaan miskin. Tidak ada perabotan di dalam rumah mereka. Fathimah terbiasa mengerjakan semua urusan rumahtangganya sendiri. Fathimah bahkan memilah, menumbuk, dan membuat adonan roti untuk makanan keluarganya sendiri hingga kulit tangannya pecah-pecah karena terkena penumbuk gandum.

Suatu ketika Fathimah pergi untuk menemui Rasulullah, namun tidak dijumpainya Rasulullah. Akhirnya Fathimah berpesan kepada Aisyah untuk menyampaikan keinginannya (mendapatkan pembantu). Lalu Rasulullah pergi menemui Fathimah di rumahnya. Kisah ini diabadikan di dalam beberapa hadits, satu di antaranya adalah hadits riwayat Imam Bukhari berikut,

'Ali radliallahu 'anhuma menceritakan, bahwa Fathimah 'alaihis salam mengeluhkan apa yang dirasakannya dari kepenatan bekerja. Tak lama kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memperoleh ghanimah berupa tawanan, maka Fathimah mencari beliau shallallahu 'alaihi wasallam namun dia tidak mendapatkannya, hanya ia temui 'Aisyah dan ia ceritakan kepentingannya. Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam datang, 'Aisyah mengabarkan kedatangan Fathimah. Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mendatangi kami sedang kami telah menempati tempat tidur kami. Maka aku beranjak untuk bangun namun beliau berkata: "Tetaplah di tempat kalian". Lalu beliau duduk di antara kami hingga aku rasakan pada dadaku kaki beliau yang dingin lalu beliau bersabda: "Maukah kalian berdua aku ajarkan perkara yang lebih baik dari yang kalian minta?. Jika kalian telah berada di tempat tidur kalian bacalah takbir tiga puluh empat kali, tasbih tiga puluh tiga kali dan tahmid tiga puluh tiga kali. Itu semua lebih baik buat kalian berdua dari pada seorang pembantu". (HR Bukhari)

Apakah salah jika Fathimah meminta pembantu? Nggak Sob. Sebagai manusia biasa tentunya wajar jika Fathimah merasa lelah. Tetapi karena kasih sayangnya, Rasulullah justru memberikan solusi yang jauh lebih baik dari apa yang diminta.

Dari kisah di atas, semoga kita bisa mengambil hikmah dan meneladani kerja keras serta kesabaaran Fathimah ya Sob.
Wallahu a'lam

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...