Inilah Kekayaan Para Sahabat Mulia Rasulullah

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, tentunya kalian pasti tahu bahwa gelar Nabi terkaya diberikan kepada Nabi Sulaiman ‘Alaihis Salam. Tapi, tahukah kalian siapa saja para sahabat Rasulullah yang memiliki kekayaan berlimpah? Mari, disimak!

1. Utsman bin Affan
Beliau termasuk ke dalam golongan as-Sabiqun al-Awwalin, yaitu orang-orang yang terdahulu masuk Islam dan beriman. Ia terkenal sebagai pedagang kain yang kaya raya dan pemiliki ternak dengan jumlah ternak yang melebihi peternak-peternak lainnya.

Dilansir dari buku Pemuda Yang Dicintai Langit karya Dwi Rahayu, Utsman membeli sebuah sumur yang memiliki air jernih, lalu sumur itu diwakafkan untuk kepentingan rakyat umum. Dia juga memperluas Masjid Madinah dan menyumbangkan 1000 ekor unta, 70 ekor kuda, dan 1000 dihram untuk perang Tarbuk. Utsman juga memberikan gandum yang diangkut oleh 1000 unta untuk membantu orang miskin di kala musim kering. Pada hari Jumat, dia akan memerdekakan seorang budak.

Kekayaan lain dari beliau ialah menikahi dua putri Rasulullah, yaitu Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

2. Thalhah ibn ‘Ubaydillah
Ia adalah seorang kaum muslimin yang kaya raya, tapi pemurah dan dermawan. Istrinya bernama Su'da binti Auf. Pada suatu hari, istrinya melihat Thalhah sedang murung dan duduk termenung sedih. Melihat keadaan suaminya, sang istri segera menanyakan penyebab kesedihannya, Thalhah mejawab, "Uang yang ada di tanganku sekarang ini begitu banyak sehingga memusingkanku. Apa yang harus kulakukan?" Istrinya berkata, "Uang yang ada ditanganmu itu bagi-bagikanlah kepada fakir-miskin." Lalu, dibagi-bagikanlah seluruh uang yang ada ditangan Thalhah tanpa meninggalkan sepeserpun.

Assaib bin Zaid berkata tentang Thalhah, "Aku berkawan dengan Thalhah baik dalam perjalanan maupun sewaktu bermukim. Aku melihat tidak ada seorang pun yang lebih dermawan dari dia terhadap kaum muslimin. Ia mendermakan uang, sandang, dan pangannya." Jaabir bin Abdullah bertutur, " Aku tidak pernah melihat orang yang lebih dermawan dari Thalhah walaupun tanpa diminta."

Oleh karena itu patutlah jika dia dijuluki "Thalhah si dermawan", "Thalhah si pengalir harta", "Thalhah kebaikan dan kebajikan".

3. Az Zubayr ibn al- ‘Awwam
Seperti yang disampaikan oleh al-Bukhariy (al-Jami’ al-Shahih li al-Bukhariy, Juz 3, hal. 1137), Az-Zubayr wafat hanya meninggalkan kekayaan berupa asset tidak bergerak atau tanah, termasuk di antaranya adalah sebuah rimba belantara, 11 rumah di Madinah, dua rumah di Bashrah, dan satu rumah masing-masing di Kufah dan di Mesir.

Beliau mewasiatkan 1/3 dari total harta peninggalannya atau tarikah untuk para cucunya. Lalu, 2/3-nya dibagi-bagikan kepada ahli warisnya. Beliau memiliki empat istri di mana setiap istri mendapatkan warisan senilai 1.200.000 dirham dari 2/3 total tarikah.

4. ‘Abdurrahman ibn ‘Awf
Saat tiba di Madinah, beliau datang dengan tangan kosong. Seperak pun tidak dimilikinya. Lalu, Rasulullah menjalinkan mu’akhah antara beliau dengan Sa’d ibn al-Rabi’, salah satu orang kaya Madinah saat itu. Sa’d menawarkan setengah dari harta miliknya untuk beliau, termasuk menceraikan salah satu dari dua orang istrinya untuk bisa dinikahi beliau. Tapi, beliau menolak halus sambil berkata, “Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu terkait istri dan hartamu. Cukup tunjukkan aku di mana pasar.”

Setelah beliau wafat, total kekayaannya berjumlah 3.200.000 dinar, 1000 ekor unta, 100 ekor kuda, dan 3000 ekor kambing. Empat istrinya masing-masing mendapat 1/8 dari total warisnya.

5. Sa’d ibn Abi Waqqash
Sa’d bin Abi Waqqash dikenal di kalangan sahabat sebagai orang yang sangat pemberani dalam peperangan. Ketika wafat, ia meninggalkan harta waris sebesar 250.000 Dirham.

Sobat Nida, demikianlah 5 kekayaan para sahabat Rasulullah. Selain kekayaannya, mereka juga dikenal dengan sifat dermawan, rendah hati, dan rajin ibadah.

Semoga kisah para sahabat di atas dapat memotivasi kita untuk menjadi muslim yang kaya tapi bermanfaat untuk Agama dan sesame ya Sob. (Dina Nazhifah)

Sumber: alpontren(dot)com, qultummedia(dot)com dan berbagai sumber

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...