Inilah Manfaat Makan Buah Sebelum Makan Besar

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, banyak di antara kita yang mengonsumsi buah setelah makan besar. Apakah cara itu sudah benar?

Ternyata, lebih banyak manfaat dari makan buah sebelum makan besar, lho Sobat Nida. Apa saja, sih manfaatnya?

Menurut Chef Eddrian Tjhia, buah lebih baik dikonsumsi sebelum makanan utama. Ia mengatakan, cara ini akan membuat nutrisi pada buah yang kaya akan vitamin dan mineral terserap utuh ke dalam tubuh.

Karena tubuh kita tidak mendapatkan makanan apapun selama delapan sampai sembilan jam ketika tidur, dianjurkan untuk memasukkan buah-buahan dalam menu harian Anda setiap pagi sebelum sarapan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Kita juga disarankan untuk makan buah 20-30 menit sebelum makan besar. Alasannya adalah karena buah menggandung gula dan membutuhkan waktu untuk mencerna buah tersebut. Cara ini juga dapat membantu mengurangi berat badan. Karena membuat Sobat Nida merasa kenyang sehingga dapat mengurangi porsi makan besar.

Menurut  Dokter Spesialis Gizi, Marya Warascesaria Haryono, bila buah yang dipilih adalah buah yang mengandung banyak serat, makan buah sebelum makan ataupun sesudah makan dapat membantu proses pencernaan makanan secara keseluruhan. Dengan begitu buah akan memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, antara lain: Membantu menghambat penyerapan kolesterol, memperlambat waktu pengosongan lambung sehingga Sobat Nida merasa kenyang lebih lama, membantu penyerapan zat gizi dengan teratur, dan mengonsumsi buah yang tinggi kadar airnya membuat Sobat Nida tetap terhidrasi.

Meski memiliki banyak manfaat, bagi Sobat Nida yang memiliki riwayat penyakit diabetes harus lebih berhati-hati dalam memilih buah. Buah yang terlalu manis dan dikonsumsi terlalu banyak dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Sementara bagi Sobat Nida yang memiliki riwayat penyakit lambung, tidak masalah untuk makan buah sebelum makan, asalkan memilih buah yang tidak terlalu asam, tidak menimbulkan gas, dan dapat ditoleransi oleh lambung. (Cucu Rizka Alifah)

SumberMerdeka(dot)com, halosehat(Dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...