Inilah Masalah yang Timbul Saat Olahraga Tanpa Pemanasan

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh, baik fisik maupun jiwa. Tapi, apa jadinya jika berolahraga tanpa diawali dengan melakukan pemanasan? Tentu akan berbahaya bagi kesehatan dan menimbulkan berbagai macam risiko penyakit. Oleh karena itu, pemanasan merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum berolahraga. Ada beberapa masalah yang timbul akibat olahraga tanpa pemanasan. Berikut beberapa masalahnya:

1. Cedera
Cedera bisa terjadi ketika otot mendapatkan terlalu banyak tekanan, tidak menghasilkan kekuatan yang cukup untuk menopang diri atau karena tidak berkontraksi pada waktu yang tepat untuk melakukan gerakan tertentu. Hal ini bisa diakibatkan karena darah yang mengalir ke otot kurang menyediakan energi bagi otot untuk melakukan aktivitas.

2. Kram Otot
Kram otot dapat terjadi karena otot tubuh yang terasa kaku dan belum mengalami peregangan. Hal ini dapat menimbulkan otot yang terjepit, terlipat, tertarik hingga kram.

3. Tendinitis
Tendinitis atau tendonitis merupakan salah satu jenis penyakit tendon (tendinopathy) berupa peradangan atau iritasi yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri di sekitar persendian. Biasanya terjadi di sekitar bahu, siku, pergelangan tangan, dan tumit,

Seperti dilansir pada laman neraca(dot)co(dot)id, menurut Dr. Laura Djuriantina, Sp. KFR, olahraga yang termasuk berpotensi dalam terkena penyakit ini ialah tenis, lari, basket, berenang, golf, baseball, dan bowling.

4. Sakit Kepala dan Pusing
Olahraga tanpa diawali pemanasan juga dapat menyebabkan munculnya rasa pusing dan sakit kepala. Tubuh yang belum panas akan menyebabkan asupan oksigen berkurang sehingga otak tidak memperoleh pasokan oksigen yang optimal. Kondisi ini juga dapat menyebabkan sulit berkonsentrasi pada saat melakukan gerakan olahraga.

5. Kelelahan dan Kehabisan Napas
Kondisi ini disebabkan karena tubuh yang kaget akan aktivitas olahraga secara tiba-tiba sehingga tubuh tidak dapat menyesuaikan diri terhadap gerakan-gerakan olahraga dan juga dapat menimbulkan kelelahan dan kehabisan napas.

6. Pegal
Pegal di sekujur tubuh juga akan Sobat Nida rasakan apabila tidak melakukan pemanasan. Hal ini disebabkan tubuh tidak mendapatkan getaran atau gerakan sehingga tubuh tidak cukup kuat untuk menahan aktivitas berat yang mengeluarkan banyak tenaga. Oleh karena itu, kamu akan merasa pegal di sekujur tubuh setelah melakukan olahraga.

Itulah 6 masalah yang timbul akibat olahraga tanpa diawali pemanasan. Bagi Sobat Nida yang sering melakukan olahraga tanpa pemanasan, mulailah dengan melakukan pemanasan terlebih dulu, karena dengan melakukan pemanasan tubuh akan lebih rileks dan dapat terhindar dari berbagai penyakit. (Dina Nazhifah)

Sumber: halosehat(dot)com, hellosehat(dot)com, neraca(dot)co(dot)id
Ilustrasi: google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...