Inilah Pekerjaan Beberapa Nabi dan Rasul

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Yah, Nida, pake dijelasin segala, udah jelas lah kalau pekerjaan or profesi para Nabi dan Rasul adalah berdakwah!

Eits, jangan salah, Sob, coba perhatikan hadits berikut ini, dikeluarkan Imam Al Bukhari dalam shahihnya, Dari al-Miqdam Radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah seorang (hamba) memakan makanan yang lebih baik dari hasil usaha tangannya (sendiri), dan sungguh Nabi Daud ‘alaihissalam makan dari hasil usaha tangannya (sendiri).” (HSR. Al Bukhari no. 1966).

Tuh, Sob, berdasarkan hadits tersebut jelas kan bahwa Nabi Daud juga bekerja mencari nafkah yang halal dan berusaha memenuhi kebutuhan diri dan keluarga dengan usaha sendiri.

Gimana dengan Nabi dan Rasul yang lain? Apa pekerjaan yang mereka laksanakan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan? Simak ulasan Nida berikut ini.

1. Nabi Nuh 'alaihissalam

Allah swt berkata kepada Nabi Nuh 'alaihissalam, “Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami...” (Hud : 37). Ayat tersebut menunjukkan Nabi Nuh menggeluti dunia pertukangan dan industri.

2. Nabi Daud 'alaihissalam
Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperangan; Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah).” (Al Anbiya’: 80).
… dan Kami telah melunakkan besi untuknya (yakni Daud); (yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang shalih. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan.” (Saba’: 10-11).

Walaupun Nabi Daud adalah seorang Nabi dan raja, beliau tetap bekerja membuat baju-baju besi.

3. Nabi Zakaria 'alaihissalam

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang Nabi Zakaria 'alaihissallam, “Zakaria 'alaihissallam dulu adalah seorang tukang kayu.” (HR Muslim no. 2379 dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu).

4. Nabi Musa 'alaihissalam
Allah swt mengisahkan tentang Musa 'alaihissallam, “Musa berkata, “Ini adalah tongkatku. Aku bertelekan padanya, dan aku pukul (daun) dengannya untuk kambingku, dan bagiku ada lagi keperluan yang lain padanya.” (Thaahaa : 18). Ayat ini menunjukkan bahwa Nabi Musa 'alaihissalam bekerja menggembalakan kambing-kambing.

5. Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam
Rasulullah saw menceritakan dalam sabdanya, “Tidaklah Allah mengutus seorang Nabi pun melainkan pernah menggembala kambing.” Para sahabat bertanya,”Dan engkau sendiri?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ”Ya, aku juga dulu menggembalakan (kambing-kambing) milik penduduk Mekkah dengan upah beberapa qirath.” (HR Al Bukhari no. 2143 dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu . Lihat pula Shahihul Jami’ no. 5581). Satu qirath sama dengan seperduapuluh dinar.

Wah, Sob, para Nabi dan Rasul saja bekerja dengan tangan sendiri loh.

So, nggak ada alasan lagi buatmu untuk malas-malasan bekerja yah. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh jika salah seorang dari kalian mengambil tali, lalu pergi ke gunung (untuk mencari kayu bakar), kemudian dia pulang dengan memikul seikat kayu bakar di punggungnya lalu dijual, sehingga dengan itu Allah menjaga wajahnya (kehormatannya), maka ini lebih baik dari pada dia meminta-minta kepada manusia, diberi atau ditolak.” (HSR al-Bukhari (no. 1402) dan (no. 1410).

Semangat bekerja!

Referensi: dari berbagai sumber

Foto ilustrasi: google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

loading...